Tipe atau Karakter Manusia dalam menghadapi Masalah

Foto sampul 
  
     Salah satu cara untuk menuju kesuksesan dalam hidup adalah belajar mengenal diri. Baik mengenali diri sendiri maupun orang lain. Dengan mengenali diri kita dapat mengetahui apa yang menjadi kelamahan dan kelebihan kita. Dengan itu kita dapat lebih menggali potensi yang kita miliki. Lalu sudah tahukah Anda macam-macam tipe kepribadian? Ada banyak versi mengenai pembagian tipe kepribadian seseorang. Dalam posting kali ini saya hanya akan membahas beberapa tipe kepribadian yang umum di miliki oleh sesorang.

     Manusia terlahir untuk menjadi pribadi yang unik dan keunikan ini membuat setiap manusia berbeda dan dapat dikategorikan pada beberapa karakter yang sudah diklasifikasikan oleh para ahli, Secara beda orang tentunya beda otak dan beda pemikiran. Bila kita mencermati sikap orang-orang yang ada disekitar kita, kita terkadang bingung dalam bersikap dan muncul rasa ketidak bebasan dalam bertingkah, seperti rasa canggung dalam mengkritik, canggung apabila ingin sedikit membuat guyonan dan lain sebagainya. Hal tersebut terjadi karena sebenarnya kebanyakan orang memang menyadari bahwa orang-orang yang lalu-lalang dalam setiap aktifitas dan pekerjaannya memiliki sekala kesensitifan dan respon yang berbeda-beda terhadap sesuatu.

Disini saya akan memberikan sedikit pemahaman tentang perbedaan karakter atau tipe seseorang dalam menghadapi Masalah Diantaranya:

Tipe Pecundang  (quitters Type ) orang berlari menjauh dan bersembunyi  dari masalah, bila menghadapi masalah biasanya lempar batu sembunyi tangan, melemparkan kesalahan pada orang lain, ia cari aman cari selamat dan membiarkan orang lain jadi korbanya,  dia sering membuat ulah dan masalah, kemudian orang lain menjadi getahnya.

Tipe Penghadang : orangnya selalu berbuat untuk meminimalisasi datangnya masalah, namun selalu siap menghadapi masalah, Krakter ini hampir sama dengan karakter Campers, karena dia berusaha untuk mendaki gunung prestasi namun sering terkapar pada ketinggian masalah tertentu. Menyerah dan merasa puas dengan kempuan yang telah dicapainya.

Tipe Penantang :  orang yang selalu tegar, segar dan bugar, dalam mengatasi berbagai masalah mampu mengolah masalah jadi peluang, Tipe ini hampir sama denga karakter Climbers , yang memandang bahwa hidup itu sebagai ujian  yang harus dihadapi sampai puncak tertinggi, dengan berbekal mental melebihi puncak masalah. Ia tidak pernah mengatakan tingginya gunung sebelum sampai kepuncaknya.

Bagaimana dengan kita? apakah ketika masalah yang kita temui membuat kita menjadi si putus asa? atau justru kita menyalahkan orang lain, bahkan Tuhan? atau kita lebih “menyembunyikan kepala” kita seperti si burung onta, atau kah sebagai pemecah buah kenari yang keras namun ketika isi dari buah tersebut dapat kita manfaatkan?

Mari kita mulai dari sekarang dengan sebuah langkah mudah, mulailah menghadapi masalah dengan senyuman, pikirkan bahwa tanpa masalah, kualitas hidup kita tidak akan bertambah, karena pedang yang bagus adalah yang paling kuat dan lama ditempanya.

Info layanan kami :
Di Doakan Secara Khusus   Klik Disini »  ·   Pengobatan Alternatif  Penyakit Medis & Non Medis    Klik Disini »  ·  Terapi Air  Hikmah   Klik   ·   Tasbih Laduni    Klik Disini »    ·  Menjadi Santri Online  Al-Hikmah Nur Imani   KlikDisini »   · Berkunjung ke Al-Hikmah Nur Imani  Untuk Konsultasi Langsung.  Klik    ·  Ruwat Rumah & Kendaraan   Klik    ·  Ruqiyah Jarak Jauh   Klik  ·  Membuka Aura Diri   Klik  
Share on Google Plus

Pesan AL-HIKMAH NUR IMANI

“Orang yang paling pintar adalah orang yang berbuat baik, tetapi takut akan adzab Allah. Yang paling bodoh ialah yang berbuat kejahatan (kesalahan), tetapi mereka (merasa) aman dari adzab Allah, dan yang paling kaya dari mereka adalah orang yang paling qana’ah (selalu merasa cukup dengan pemberian Allah, baik sedikit maupun banyak)." Sedangkan orang yang paling perkasa adalah orang yang (paling) takwa.