SAMBUT MALAM LAILATUL QADAR



Dengan Ridhonya - Malam Lailatul Qadar sejatinya menjadi rahasia Allah SWT. Hanya ada sedikit informasi yang disampaikan Nabi Muhammad kapan datangnya malam mulia ini. Diantaranya terjadi pada 10 malam terakhir Ramadhan dan antara malam-malam ganjil. Sementara ciri-ciri fisiknya dapat terlihat dari suhu yang sedang, pada pagi harinya udara matahari bersinar cerah namun tidak terasa panasnya, serta pada malam harinya tidak terlihat bintang. 

Syukur Kehadirat Illahi Robbi atas segala limpahan rakhmat dan karunia-Nya, Shalawat dan sallam Bagi Nabiullah  Muhammad Shalallohu 'alaihi wa sallam. Merupakan kebahagian bagi kami www.denganridhonya.com  Untuk sedikit Berbagi tentang Malam seribu bintang, dan Insya Allah, Kita selalu berharap untuk bertemu dengan Malam Lailatul Qadar malam penuh hikmah dan barokah.

Pada malam yang sudah ditentukan Allah, para malaikat turun ke bumi termasuk malaikat jibril. Ini menandakan bahwa Lailatul Qadar benar-benar malam penuh berkah dan rahmat. Juga diibaratkan, malam penuh kesejahteraan hingga terbit fajar. Dimana setan tidak bisa berbuat jahat dan manusia hanya bergelut dengan nafsu dirinya sendiri untuk bisa memanfaatkan momentum ini. Takdir tahunan pun dicatat pada malam Qadar ini.

Namun ternyata, Lailatul Qadar dijadikan rahasia oleh Allah. Kita tidak tahu kapan pastinya malam itu terjadi. Ada perbedaan pendapat para ulama tentang kapan terjadinya Lailatul Qadar. Namun yang lebih kuat pendapatnya yaitu pada malam-malam ganjil di 10 hari terakhir Ramadhan. Yang paling terkenal, pendapat tentang Lailatul Qadar terjadi pada malam ke-27 Ramadhan. Akan tetapi, perbedaan penentuan awal mulai 1 Ramadhan membuat kita tidak bisa menjadikan pendapat itu sebagai patokan pasti.

Dari Ibnu Umar, “Rasulullah SAW telah berkata, “barang siapa yang ingin menjumpai malam qadar, hendaklah ia mencarinya pada malam dua puluh tujuh.” (HR. Ahmad dengan sanad yang sahih)

“Rasulullah SAW sangat bersungguh-sungguh pada 10 hari terakhir dari bulan Ramadhan, melebihi kesungguhan beliau di waktu lainnya.” (HR. Muslim)
Jadi, bagaimana kita bisa tahu Lailatul Qadar telah datang? Rasulullah SAW pernah bersabda tentang tanda-tanda datangnya Lailatul Qadar.

Bila kita merasakan keempat hal dibawah ini, maka kemungkinan besar Lailatul Qadar telah kita temui. Keempat tanda tersebut yaitu:
1.Udara dan suasana pagi tampak damai dan tenang.
2.Keesokan hari malam Lailatul Qadar, sinar matahari tampak cerah namun teduh.
3.Malamnya terang, tidak dingin, tidak berawan, tidak panas, dan tidak ada badai.
4.Siapa yang beribadah di malam ini, mendapatkan kesan berbeda dari malam-malam yang lainnya. Ibadah mereka terasa sangat nikmat dan hatinya tenang saat bermunajat kepada Allah.

Padahal jika tahu, nilai satu hari itu sama dengan seribu bulan hingga keberkahannya, memang sangat mengusik untuk didekati, digapai dan didekap karena malam itu adalah malam yang teramat luarbiasa!

Apalagi satu fenomena istimewa yang tak bisa dilihat secara nyata, namun memang bisa dirasakan kehadirannya adalah, kedatangan para malaikat yang jumlahnya teramat sangat banyak yang berbondong-bondong turun ke bumi dengan memenuhi dua pertiga alam jagad raya, hingga langit terasa sesak, bagaimana bisa mereka datang pada saat bersamaan ke dunia ini?
Alquran surat Ad Dukhan ayat 3-6 menceritakan saat Lailatul Qadar Alquran kali pertama diturunkan. Sedangkan, pernyataan bahwa Lailatul Qadar setara dengan malam seribu bulan muncul di Alquran surat Al Qadar.

Penjelasan ringkas tentang malam seribu bulan ini dapat ditemukan dalam berbagai buku Islam. Wikipediamenjelaskan Lailatul Qadara  adalah satu malam penting yang terjadi pada bulan Ramadan, yang dalam Alquran digambarkan sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan. Dan juga diperingati sebagai malam diturunkannya Alquran.

Keistimewaan Lailatul Qadar dijelaskan dalam Alquran surat Al-Qadar.
Sebagian Ulama mengatakan Lailatul Qadar memiliki tiga arti. pertama dengan uraian bahwa Lailatul Qadar adalah penetapan dan pengaturan sehingga Lailat Al-Qadar dipahami sebagai malam penetapan Allah bagi perjalanan hidup manusia.
“Penggunaan Qadar sebagai ketetapan dapat dijumpai pada surat Ad-Dukhan ayat 3-5 : Sesungguhnya Kami menurunkannya (Al-Quran) pada suatu malam, dan sesungguhnya Kamilah yang memberi peringatan. Pada malam itu dijelaskan semua urusan yang penuh hikmah, yaitu urusan yang besar di sisi Kami,”
Pengertian kedua adalah kemuliaan. “Malam tersebut adalah malam mulia tiada bandingnya. Ia mulia karena terpilih sebagai malam turunnya Al-Quran.”
Surat yang berbicara tentang kaum musyri; Mereka itu tidak memuliakan Allah dengan kemuliaan yang semestinya, tatkala mereka berkata bahwa Allah tidak menurunkan sesuatu pun kepada masyarakat.

Pengertian ketiga adalah Sempit. Malam tersebut adalah malam yang sempit, karena banyaknya malaikat yang turun ke bumi, seperti yang ditegaskan dalam surat Al-Qadr. Penggunaan Qadar untuk melambangkan kesempitan dapat dijumpai pada surat Ar-Ra’d ayat 26.

“Lailatul Qadar dapat juga kita artikan sebagai malam pelimpahan keutamaan yang dijanjikan oleh Allah kepada umat islam yang berkehendak untuk mendapatkan bagian dari pelimpahan keutamaan itu. Keutamaan ini berdasarkan nilai Lailatul Qadar sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan.

Hanya Allah yang tahu dan itulah misteri ilahi Sedangkan tanda-tandanya orang yang mendapatkan malam itu Mereka akan bertambah kebaikannya Sholatnya semakin rajin ia tegakkan Semakin merasa dekat dengan sang kholiq
Bacalah dengan nama Allah wahyu untuk segenap umat Maka ketenangan batin pun akan kita peroleh untuk mmenyambut malam mulia ini



Dan jangan lupa, iringi juga dengan doa Agar diringankan dan Makbul dalam membayar Zakat, Sehingga Zakat yang Kita tunaikan benar-benar membersihkan dari Harta kita untuk mencapai kesempurnaan ibadah, Semoga. apa yang menjadi Hajat anda,  Allah akan memberikan jawabanya kepada anda  dengan penuh Ridha dan rahmatNya. Amiin Yaa Rabb

Baca Juga :
Di Doakan Secara Khusus Untuk Menyelsaikan Masalah anda KlikDisini 
Tasbih Laduni Klik Disini  
Cara Meraih Kesuksesan dalam Kerejekian   Klik disini  
Ijazah Hizib Para Wali  Klik Disini  
Kumpulan Ilmu Hikmah Gratis  Klik Disini  
Nama nama Ilmu Hikmah  Klik Disini  
20 Manfaat dari Infak dan Sedekah  Klik Disini   

PERHATIAN: Bagi anda yang mengingikan dan mau mengamalkan Ilmu Ilmu Hikmah ini, yang penting anda mau mengeluarkan Shodaqoh seiklasnya, untuk perjuangan dakwah islamiah bersama Al-Hikmah Nur Iman dan berbagi kepada Fakir Miskin dan Anak Yatim dan Fisabillilah, Ilmu Hikmah yang anda inginkan   akan kami berikan kepada anda.

Shodaqoh anda adalah ibadah anda.
Hasilnya akan kami Sumbangkan !!!
Untuk Perjuangan dakwah Islamiyah
Problematika Umat Islam Indonesia klik disini 

Penyaluran Zakat, Infaq dan Shodaqoh  Klik disini  

Share on Google Plus

Pesan AL-HIKMAH NUR IMANI

“Orang yang paling pintar adalah orang yang berbuat baik, tetapi takut akan adzab Allah. Yang paling bodoh ialah yang berbuat kejahatan (kesalahan), tetapi mereka (merasa) aman dari adzab Allah, dan yang paling kaya dari mereka adalah orang yang paling qana’ah (selalu merasa cukup dengan pemberian Allah, baik sedikit maupun banyak)." Sedangkan orang yang paling perkasa adalah orang yang (paling) takwa.