Tips menghadapi penagih hutang

Jika debt collector datang ke rumah:

Pertama usahakan berdoa :
“WA LAM-MAA SAKATA AN MUUSAL GHODHOBU AKHODZAL ALWAAH. WA FII NUS-KHOTIHAA HUDAW WA ROHMATAL LIL LADZIINA HUM LI ABBIHIM YARHABUUN” (dibaca 3x)

“ATHFAKTU GHODHOBA …. (sebutkan namanya)

AL JAA IRI BILAA ILAAHA ILLALLOOH, WASTAJLABTU WAMADDATAHUU WA RIDHOOHU BI LAA ILAAHA ILLALLOOH. WASTAQDHOITU HAWAAIJII MINHU BI LAA ILAAHA ILLALLOOH. WASTARJARTU BI SAY-YIDII ROSULILLAHI SHOLLOLLOHU ‘ALAIHI WASALLAM” (dibaca 7x)
(harus hapal diluar kepala bila si penagih tiba-tiba datang)

1. Bersikaplah tenang dan santai, siapin muka senyum. Biar tambah adem suasananya,  siapin aja rokok sama kopi.

2. Jangan takut karena debt collector kartu kredit bank tidak akan berani melakukan pemukulan. Jika itu terjadi, maka anda berhak membalas apalagi itu di rumah anda sendiri. Alasannya tamu tersebut sudah berniat tidak baik datang ke rumah anda.

3. Laporkan ke satpam/hansip perumahan anda kalau sampai terjadi hal yang kurang menyenangkan sampai debt collectoritu bisa diusir paksa dari rumah anda.

4. Kalau memang sudah tidak bisa bayar tagihan hutang, langsung datangi tempat anda mengambil hutang bilang saja terus terang, misalnya: “Saya sudah tidak sanggup bayar full (biasanya udah membengkak dari limit). Saya minta stop bunga tapi saya punya itikad baik untk melunasi“.
“Jika ada keringanan saya mau ikut dengan cicilan Rp 50.000/per bulan kalau tidak bisa ya sudah saya tunggu aaja surat ketetapan dari pengadilan (perdata). Biarlah nanti hakim pengadilan yang menentukan kesanggupan saya untuk membayarnya.”

5. Kalau anda diteror lewat telepon, tanya nama penelepon, kalau perlu anda pasang caller ID di telepon rumah dan rekam pembicaraan. Apabila debt collector-nya melakukan ancaman, laporkan saja ke polisi berikut bukti-bukti rekaman tadi.

Jika debt kolektor datang menagih di kantor 
 1. Temui debt colector-nya dan kemukakan masalah dan kesulitan pembayaran hutang anda. Kalau debt colector itu tetap ngotot memaksa harus bayar atau tidak ada penyelesaiannya, lebih baik anda  panggil satpam suruh keluar debt colector itu.
Biasanya mereka ngotot untuk menunggu sampai anda risih melihatnya dan menjadi malu, jadi lebih baik laporin ke bagian keamanan karena mereka tamu yang tidak pantas.

2. Cara-cara licik dan tidak tepuji biasanya dilakukan debt collector kartu kredit bank dengan menelepon pimpinan anda, bagian HRD, atau rekan-rekan kerja anda dikantor  dengan tujuan mempermalukan anda: kalau anda memiliki utang pada bank dan berharap anda segera melunasinya. Telepon ini dilakukan hampir sepanjang hari karena ini memang tugas mereka.

3. Apabila mereka melakukan pemukulan dan anda kena pukul, anda WAJIB minta visum ke RS terdekat sebagai bukti untuk melaporkan ke polisi agar debt collector itu bisa dijerat dengan pasal-pasal penganiayaan.

4. Apabila anda dibantu untuk menyelesaikan proses tunggakan dengan cara mengangsur per bulan, maka sebaiknya pembayaran tetap anda lakukan lewat ATM ke nomor kartu kredit anda atau ke tempat pembayaran pada bank pengeluarkartu kredit (credit card). Simpan bukti setoran dan jangan pernah membayar tunai melalui debt collector.
Kalau menghadapi debt collector galak, itu sebenarnya karakter. Segalak apa pun kalau kita berpikir rasional tidak ada yang galak. Kadang emosi kita sendiri berbelit-belit dan beban kerja yang terlalu banyak.
Pada prinsipnya bank itu ingin timnya mendapatkan uang kembali. Selama masih ada itikad baik, misalnya lobi 2-3 tahun dan rasional, itu bisa diterima.

Pasal KUHP jurus untuk menghadapi preman debt collector
Tindak Pidana yang sering dilakukan oleh Preman Debt Colektor adalah tindak pidana berdasarkan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana adalah:
1. Pasal 368 KUHP
(1) Barang siapa dengan maksud untuk menguntungkan diri sendiri atau orang lain secara melawan hukum, memaksa seorang dengan kekerasan atau ancaman kekerasan untuk memberikan barang sesuatu, yang seluruhnya atau sebagian adalah kepunyaan orang itu atau orang lain, atau supaya membuat hutang maupun menghapuskan piutang, diancam karena pemerasan dengan pidana penjara paling lama sembilan tahun.
(2) Ketentuan Pasal 365 ayat kedua, ketiga, dan keempat berlaku bagi kejahatan ini.
Penjelasan Pasal 368 adalah sebagai berikut :
a. Kejadian ini dinamakan “pemerasan dengan kekerasan” (afpersing).
Pemeras itu pekerjaannya: 1) memaksa orang lain; 2) untuk memberikan barang yang sama sekali atau sebagian termasuk kepunyaan orang itu sendiri atau kepunyaan orang lain, atau membuat utang atau menghapuskan piutang; 3) dengan maksud hendak menguntungkan diri sendiri atau orang lain dengan melawan hak. (pada Pasal 335, elemen ini bukan syarat).
b. Memaksanya dengan memakai kekerasan atau ancaman kekerasan;
1) Memaksa adalah melakukan tekanan kepada orang, sehingga orang itu melakukan sesuatu yang berlawanan dengan kehendak sendiri. Memaksa orang lain untuk menyerahkan barangnya sendiri itu masuk pula pemerasan; 2) Melawan hak adalah sama dengan melawan hukum, tidak berhak atau bertentangan dengan hukum; 3) Kekerasan berdasarkan catatan pada Pasal 89, yaitu jika memaksanya itu dengan akan menista, membuka rahasia maka hal ini dikenakan Pasal 369.
c. Pemerasan dalam kalangan keluarga adalah delik aduan (Pasal 370), tetapi apabila kekerasan itu demikian rupa sehingga menimbulkan “penganiayaan”, maka tentang penganiayaannya ini senantiasa dapat dituntut (tidak perlu ada pangaduan);
d. Tindak pidana pemerasan sangat mirip dengan pencurian dengan kekerasan pada Pasal 365 KUHP. Bedanya adalah bahwa dalam hal pencurian si pelaku sendiri yang mengambil barang yang dicuri, sedangkan dalam hal pemerasan si korban setelah dipaksa dengan kekerasan menyerahkan barangnya kepada si pemeras.
2. Pasal 369 KUHP
(1) Barang siapa dengan maksud untuk menguntungkan diri sendiri atau orang lain secara melawan hukum, dengan ancaman pencemaran baik dengan lisan maupun tulisan, atau dengan ancaman akan membuka rahasia, memaksa seorang supaya memberikan barang sesuatu yang seluruhnya atau sebagian kepunyaan orang itu atau orang lain. atau supaya membuat hutang atau menghapuskan piutang, diancam dengan pidana penjara paling lama empat tahun.
(2) Kejahatan ini tidak dituntut kecuali atas pengaduan orang yang terkena kejahatan.

3. Pasal 378 KUHP
Barang siapa dengan maksud untuk menguntungkan diri sendiri atau orang lain secara melawan hukum, dengan memakai nama palsu atau martabat palsu, dengan tipu muslihat, ataupun rangkaian kebohongan, menggerakkan orang lain untuk menyerahkan barang sesuatu kepadanya, atau supaya memberi hutang rnaupun menghapuskan piutang diancam karena penipuan dengan pidana penjara paling lama empat tahun.
PENGGOLONGAN PREMAN SEBAGAI TARGET OPERASI :
(a) PREMAN YANG MENGGANGGU KETENTERAMAN DAN KETERTIBAN (MABUK-MABUKAN, MENGGANGGU LALU LINTAS, RIBUT-RIBUT Dl TEMPAT UMUM).
(b) PREMAN YANG MEMALAK (MEMINTA DENGAN PAKSA) Di LOKASI UMUM (MISALNYA MENJUAL MAJALAH SECARA PAKSA, MENGEMIS DENGAN GERTAKAN, MENDORONG MOBIL MOGOK MINTA UANG DENGAN PAKSA, MEMALAK MASYARAKAT / PERSEORANGAN YANG MENAIKKAN DAN MENURUNKAN BAHAN BANGUNAN Dl PABRIK / iNDUSTRI / KOMPLEK PERUMAHAN, PARKIR LIAR DENGAN MEMINTA UANG SECARA PAKSA, DAN LAIN-LAIN SEJENIS)
(c) PREMAN DEBT COLLECTOR (PENAGIH UTANG DENGAN MEMAKSA / MENGANCAM NASABAH, MENYITA DENGAN PAKSA, MENYANDERA)
(d) PREMAN TANAH (MENGUASAI / MENDUDUKI LAHAN / POPERTY SECARA ILLEGAL YANG SEDANG DALAM SENGKETA DENGAN MEMAKSAKAN KEHENDAK SATU PIHAK)
(e) PREMAN BERKEDOK ORGANISASI (ORGANISASI JASA KEAMANAN, PREMAN TENDER PROYEK DAN ORGANISASI MASSA ANARKIS)


Semoga bermanfaat….


PERHATIAN :
Bagi anda yang sedang Mengalami sakit dan lagi berusaha untuk menyembuhkanya tapi tidak kunjung sembuh dan ke Medispun sudah tidak sanggup lagi, apapupun bentuk penyakit anda dari yang aneh sampai santet ataupun guna guna atau anda yang ingin mempelajari ilmu hikmah :

KEREJEKIAN  Klik Disini »
PENGASIHAN  Klik Disini »
KESAKTIAN  Klik Disini »
PENGOBATAN  Klik Disini »

Hubungi segera :
Untuk Informasi langsung :
Call : 0822 1440 6816  ( Ustd Syaiful Bahri )
          0857 2113 2691  ( Ustd Dedi Rahmat )
          Ibu Dewi :  BBM 5527BFEA 

Semoga bermanfaat !
  

Anda yang Mau Bergabung bersama kami dengan yang lainya Menjadi Santriwan Santriwati secara Online di AL-HIKMAH NURIMANI
MERAIH KUNCI SUKSES DUNIA & AKHIRAT
“Barang siapa yang berjalan menuju Allah, Maka Allah akan berlari menuju dia. Siapa yang berlari menuju Allah, maka Allah akan melompat dan memelukNya”
Share on Google Plus

Pesan AL-HIKMAH NUR IMANI

“Orang yang paling pintar adalah orang yang berbuat baik, tetapi takut akan adzab Allah. Yang paling bodoh ialah yang berbuat kejahatan (kesalahan), tetapi mereka (merasa) aman dari adzab Allah, dan yang paling kaya dari mereka adalah orang yang paling qana’ah (selalu merasa cukup dengan pemberian Allah, baik sedikit maupun banyak)." Sedangkan orang yang paling perkasa adalah orang yang (paling) takwa.