Bangkit dari kebangkrutan Bisnis

بِسْـــــــــمِ ﷲِالرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Dengan Nama Allah Yang Maha Pengasih
lagi Maha Penyayang

“Bukankah Kami telah melapangkan untukmu dadamu? Dan Kami telah menghilangkan darimu bebanmu? Yang memberatkan punggungmu. Dan Kami tinggikan bagimu sebutanmu. Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. Maka apabila kamu telah selesai (dari suatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan yang lain). Dan hanya kepada Tuhanmulah hendaknya kamu berharap”. (QS. Alam Nasyrah/94:1-8)

Alhamdulillah Dengan Ridhonya saya pernah mengalami masalah bangkrut ini. Saat itu, perusahaan Garment yang saya dirikan mengalami kebangkrutan di tahun 2009. Perusahaan yang bergerak di bidang Pakaian jadi tersebut harus saya relakan “hilang” dari peredaran dunia bisnis di kota Bandung. klik CV.Gita Dewi Perkasa
Bingung, marah dan stress bercampur menjadi satu, Bagaimana tidak bingung, marah, dan stress uang yang saya gunakan untuk mendirikan usaha itu adalah uang hasil ngutang ke bank ya begitulah apa langkah yang harus di tempuh sudah tidak jelas mungkin itulah singkat kata bangkrutnya usaha kami,
Pelajaran akan lebih mengena dan meresap ketika dialami langsung daripada teori. Bandingkan saja, Anda belajar tentang sabar secara teori dengan mengalami langsung saat mendapat musibah. Mana yang lebih terasa? Saat mengalami langsung ‘kan? Nah, di situlah kita akan tumbuh berkembang menjadi lebih baik dan matang. 

Jadi, nggak usah takut bangkrut. Buang jauh-jauh pikiran itu. Kesempatan sukses terbuka lebar kok. Tinggal kita mau berjuang atau tidak. Kalaulah harus mengalami kebangkrutan, ya jadikan saja pelajaran. Ambil hikmahnya untuk kemudian bangkit lagi. Inilah yang disebut bangkrut optimal. Secara kasat mata kita bangkrut. Akan tetapi, sesungguhnya secara mental kita siap untuk bangkit dan meloncat lebih tinggi.
Tapi bagi anda jangan bingung karna saya mau bebagi ilmu bagaimana bangkit dari keterpurukan Bisnis.
Langkah yang perlu anda lakukan
Tarik napas dalam dalam  dan renungkan:
Ada rahasia dibalik rahasia atas setiap ujian yang Allah berikan kepada setiap makhluk-Nya. Karena sungguh Allah memiliki alasan mengapa Ia menurunkan ujian kepada Hamba HambaNya, bukan semata mata karena ingin memberikan teguran, tetapi harus kita yakini ini adalah bentuk training dari Allah kepada diri kita agar kita bisa menapaki derajat insan yang beriman di sisi Allah SWT. Sungguh Allah tidak akan menguji suatu kaum melainkan sesuai dengan kemampuannya. Allah tidak akan menguji hambaNya di luar batas kemampuan hambaNya, maka yakinlah bahwa di setiap ujian yang Allah berikan kepada kita mampu untuk kita hadapi, karena yang menjadi masalah adalah bukan ujian yang datang, tetapi bagaimana cara kita menghadapi dan mengambil hikmah dari setiap kejadian yang datang kepada kita. Laksana anak kecil yang akan naik kelas dari mulai kelas 1 ke kelas 2, maka untuk bisa mencapai ke kelas 2 sang anak pun harus bisa melewati ujian apakah ia mampu untuk lulus masuk ke kelas 2 atau tidak. Ujian Allah bisa datang kapan saja dan dari arah yang tidak di duga duga, ia seperti angin yang sulit untuk kita terka arah datangnya. Maka Hal yang kemudian harus kita siapkan adalah bukan untuk mengetahui kapan ujian itu datang, tetapi seberapa siapkah diri kita untuk menyiapkan manuver keimanan ketika ujian itu datang.
Sebagaimana Sabda Rasulullah SAW:
Besarnya pahala sesuai dengan besarnya ujian dan cobaan. Sesungguhnya Allah ’Azza wa jalla bila menyenangi suatu kaum Allah menguji mereka. Barangsiapa bersabar maka baginya manfaat kesabarannya dan barangsiapa murka maka baginya murka Allah. (HR. Tirmidzi).
Sudah seharusnya kita menjadikan ujian yang datang sebagai sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah yang Maha Memiliki semua jawaban atas setiap permasalahan hidup kita. Ujian yang datang membuktikan bahwa diri kita ini begitu lemah, sehingga kita membutuhkan pertolongan Allah SWT. Ujian yang datang bukan karena Allah benci kepada kita, tapi sungguh karena Allah sayang kepada kita.

Lalu ambil wudhu sholat taubatlah dua rokaat mintalah ampunan kepadaNya dan mintalah kekuatan dalam menjalankan ujian ini

Setelah itu pelajari amalan ini pahami, yakini dan amalkanlah oleh anda dengan mengamalkan doa dibawah ini, Insya Allah segala macam usaha/bisnis yang sedang terpuruk bisa bangkit kembali.

Caranya adalah dengan membaca sebanyak-banyaknya doa berikut ini. Waktunya bebas, misalnya setelah sholat 5 waktu, sholat tahajud, dhuha dll :



فَتَرَى الَّذِينَ فِي قُلُوبِهِم مَّرَضٌ يُسَارِعُونَ فِيهِمْ يَقُولُونَ نَخْشَى أَن تُصِيبَنَا دَآئِرَةٌ فَعَسَى اللّهُ أَن يَأْتِيَ بِالْفَتْحِ أَوْ أَمْرٍ مِّنْ عِندِهِ فَيُصْبِحُواْ عَلَى مَا أَسَرُّواْ فِي أَنْفُسِهِمْ نَادِمِينَ 

Artinya :
Maka kamu akan melihat orang-orang yang ada penyakit dalam hatinya (orang-orang munafik) bersegera mendekati mereka (Yahudi dan Nasrani), seraya berkata:Kami takut akan mendapat bencana”. Mudah-mudahan Allah akan mendatangkan kemenangan (kepada Rasul-Nya), atau sesuatu keputusan dari sisi-Nya. Maka karena itu, mereka menjadi menyesal terhadap apa yang mereka rahasiakan dalam diri mereka.
(QS Al Ma’idah 52)  Minimal dibaca 33 x

كَتَبَ اللَّهُ لَأَغْلِبَنَّ أَنَا وَرُسُلِي ۚإِنَّ اللَّهَ قَوِيٌّ عَزِيزٌ

Artinya :
Allah telah menetapkan: "Aku dan rasul-rasul-Ku pasti menang". Sesungguhnya Allah Maha Kuat lagi Maha Perkasa.
(QS Al Mujaadilah 21) Minimal dibaca 33x

إِنَّا فَتَحْنَا لَكَ فَتْحًا مُّبِينًا
لِيَغْفِرَ لَكَ اللَّهُ مَا تَقَدَّمَ مِن ذَنبِكَ وَمَا تَأَخَّرَ وَيُتِمَّ نِعْمَتَهُ عَلَيْكَ وَيَهْدِيَكَ صِرَاطًا مُّسْتَقِيمًا
وَيَنصُرَكَ اللَّهُ نَصْرًا عَزِيزًا
Artinya :
“Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu kemenangan yang nyata, supaya Allah memberi ampunan kepadamu terhadap dosamu yang telah lalu dan yang akan datang serta menyempurnakan nikmat-Nya atasmu dan memimpin kamu kepada jalan yang lurus, dan supaya Allah menolongmu dengan pertolongan yang kuat (banyak).”
(QS Al Fath 1-3) Mininmal dibaca 33x



MATERI BANGKIT DARI KETERPURUKAN BISNIS
Kebangkrutan usaha merupakan hal yang sangat tidak diinginkan oleh setiap orang. Terlebih karena usaha tersebut telah diperjuangkan mati-matian dan dikembangkan dari sebuah usaha kecil, berkembang menjadi sebuah usaha yang maju, namun pada akhirnya mengalami kebangkrutan. Itu tentu merupakan pukulan yang sangat telak bagi setiap pengusaha.
Kebangkrutan memang tidak bisa kita duga-duga kedatangannya, bukan hanya karena tidak lakunya produk di pasaran, kebangkrutan juga bisa terjadi akibat beberapa hal yang tidak bisa kita ketahui sebelumnya seperti, musibah kebakaran, bencana banjir, pencurian, dan lain sebagainya. Hal itu menegaskan bahwa tak ada satu pengusaha pun yang mampu mengatakan dirinya aman dan bebas dari kebangkrutan.
Namun setelah mengalami kebangkrutan, sebagai seorang pengusaha, akankah anda hanya berdiam diri dan meratapi nasib anda kini? Tentu tidak. Pasti anda akan melakukan segala cara agar mampu bangkit kembali dan meraih kesuksesan anda kembali.
Dalam proses mengembalikan diri anda pada jalur kesuksesan tentu anda beberapa langkah yang anda harus terapkan untuk mempermudah jalan anda menjuju kesuksesan tersebut. Bagi anda yang tengah mengalami kebangkrutan namun masih bingung langkah apa saja yang bisa anda lakukan membangkitkan kembali usaha dan kesuksesan anda, kali ini kami akan membagikan beberapa tips menarik yang sangat bermanfaat bagi anda. Simak penjelasannnya berikut ini.
1. Berkomunikasi dengan entrepreneur yang pernah alami hal serupa
Saat alami kebangkrutan, tetaplah berkomunikasi dengan banyak orang. Mengurung diri terlalu lama akan memberikan efek putus asa yang lebih besar. Tentu Anda harus tetap mendekatkan diri pada Tuhan agar lekas bangkit tetapi jangan lupa untuk juga mengokohkan jejaring bisnis. Di saat genting seperti inilah, jejaring bisnis menjadi jaring pengaman yang bisa mengangkat Anda dari kebangkrutan.
Jika Anda memiliki mentor atau setidaknya rekan yang sudah lebih banyak memiliki pengalaman dalam dunia entrepreneurship, cobalah untuk meminta sebagian waktunya untuk bisa mengobrol dekat dari hati ke hati. Jika Anda dikenal sebagai pengusaha yang suka bekerja keras dengan reputasi yang baik tanpa cela, kebangkitan dari kebangkrutan adalah hanya soal waktu. Dan bila Anda pernah membantu beberapa orang rekan sesama entrepreneur sebelumnya, Anda bisa meminta bantuan mereka untuk bangkit dengan cara yang sama-sama saling menguntungkan. Inilah manfaat memiliki jejaring bisnis, Anda tak akan pernah sendirian menghadapi krisis.
2. Pupuk keyakinan diri bahwa badai pasti berlalu
Dalam kehidupan ada perputaran antara masalah dan kebahagiaan. Jangan serta merta putus asa menghadapi keadaan yang sedemikian rumit . Semua masalah, termasuk kebangkrutan yang sedang Anda alami, pasti memiliki ujung dan akhir.
Teruslah bersikap pantang menyerah, pelihara kemampuan untuk berpikir jernih. Tidak mudah memang tetapi inilah yang harus Anda lewati sebagai seorang entrepreneur.
3. Minta bantuan pihak ketiga yang profesional
Untuk menyelesaikan masalah kebangkrutan dengan tuntas, Anda bisa menyewa jasa tenaga profesional. Jenis jasa ini tentu disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan Anda. Misalnya, jika Anda ingin menegosiasikan utang piutang, Anda bisa sewa jasa penasihat hukum atau konsultan bisnis yang berpengalaman dan tepercaya. Tahan diri untuk bertindak instan dan sembrono. Keinginan untuk mencapai solusi secara instan akan menjadi bumerang suatu saat bagi Anda.
4. Pertahankan perusahaan
Saat sebuah perusahaan dirundung masalah kebangkrutan, ada baiknya entrepreneur mempertimbangkan untuk mempertahankannya sebatas kemampuannya. Masa kelam ini menjadi saat yang sesuai untuk menguji kesetiaaan para karyawan. Di samping itu, dengan mempertahankan perusahaan, masih terbuka peluang untuk menyelesaikan masalah keuangan (misalnya utang piutang) yang menjadi sumber masalah utama kebangkrutan.
Jadi janganlah berputus asa ketika anda dirundung masalah seberat apapun, yakin dan percaya tidak ada cobaan yang melebihi batas kemampuan anda. Ini adalah proses bagaimana anda mendewasakan diri untuk meraih kesuksesan yang lebih di masa depan. Tetap Semangat dan Sukses Selalu.

Salam hangat
HM. TAUFIK GINANJAR


Anda yang Mau Bergabung bersama kami dengan yang lainya Menjadi Santriwan Santriwati secara Online di AL-HIKMAH NURIMANI
MERAIH KUNCI SUKSES DUNIA & AKHIRAT
“Barang siapa yang berjalan menuju Allah, Maka Allah akan berlari menuju dia. Siapa yang berlari menuju Allah, maka Allah akan melompat dan memelukNya”


Share on Google Plus

Pesan AL-HIKMAH NUR IMANI

“Orang yang paling pintar adalah orang yang berbuat baik, tetapi takut akan adzab Allah. Yang paling bodoh ialah yang berbuat kejahatan (kesalahan), tetapi mereka (merasa) aman dari adzab Allah, dan yang paling kaya dari mereka adalah orang yang paling qana’ah (selalu merasa cukup dengan pemberian Allah, baik sedikit maupun banyak)." Sedangkan orang yang paling perkasa adalah orang yang (paling) takwa.