Renungkan dan syukuri

        
Cobalah anda ingat, renungkan, dan hitunglah nikmat-nikmat Allah yang telah dilimpahkan kepada Anda. Betapa nikmat Allah telah membanjiri Anda dari atas kepala ataupun dari bawah telapak kaki anda.’’ Dan jika kamu menghitung nikmat Allah, tidaklah kamu dapat menghinggakannya.’’( QS. Ibrahim (14):34). Pernahkah anda merenungkan kesehatan tubuh anda, makanan, pakaian, udara, dan air. Semua yang ada ini menjadi milik Anda, namun sayang Anda tidak mau merasakannya. Dunia dan segala isinya ini milik anda, namun sayang Anda tidak mau tahu.’’ Dan menyempurnakan untukmu nikmat-Nya lahir dan batin.’’(QS. Luqman(31):20) Anda memiliki dua mata, satu lidah, dua bibir,dua tangan, dua kaki, lalu….’’ Maka nikmat tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan (55):16).

Ketika dua telapak kaki anda ini putus, masih bisa dengan mudahkah anda berjalan?! Masih bisahkah anda tidur dengan nyeyak dan memejamkan kedua kelopak mata anda dengan nyaman ketika tiba-tiba saja ada penyakit yang menimpa mata anda?! Masih bisakah anda memenuhi perut anda dengan makanan yang menggiurkan selera?! Dan, masih bisakah anda meneguk air dingin yang meyegarkan seluruh tubuh anda, padahal ada orang yang tidak dapat makan dan minum dengan nikmat karena penyakit yang dideritanya?! Pikirkan pendengaran anda yang tidak tuli! Renungkan pandangan andayang tidak buta!Cermati kulit anda yang terbebas dari penyakit kusta dan lepra! Perhatikan otak anda yang diberi kemampuan berpikir dan anda pun tidak mengalami kegilaan dan kebodohan!

             Maukah anda menukar penglihatan Anda saja dengan emas seberat gunung uhud? Ataukah anda ingin menjual pendengaran Anda dengan sekarung intan permata kemudian pendengaran anda dihilangkan? Nikmatnya diturunkan kepada anda begitu berlimpah. Karunia yang dicurahkan kepada anda begitu menumpuk, Akan tetapi, Anda tidak mau tahu. Anda merasakan hidup begitu menderita, susah, penuh kesedihan, dan duka padahal anda masih punya roti, makanan, dan air dingin. Anda masih bisa tidur dengan nyeyak, Hidup Anda sehat dan makmur. Namun tidak mau bersyukur dengan apa yang kini anda miliki.  Anda begitu shock dengan kerugian finansial yang menimpa, padahal anda masih memiliki kunci-kunci kesuksesan masa depan, kekayaan yang melimpah. Renungkan dan syukurilah!’’Dan (juga)pada dirimu sendiri. Maka apakah kamu tiada memperhatikan?’’(Qs.Adz-Dzariyat ( 51):21)
          
Renungkan diri Anda sendiri, keluarga anda, rumah anda,aktivitas Anda, kesehatan anda, dan teman-teman dekat anda.’’ Mereka mengetahui nikmat Allah, kemudian mereka mengingkarinya.’’ (Qs. An-Nahl(16): 83 )
Share on Google Plus

Pesan AL-HIKMAH NUR IMANI

“Orang yang paling pintar adalah orang yang berbuat baik, tetapi takut akan adzab Allah. Yang paling bodoh ialah yang berbuat kejahatan (kesalahan), tetapi mereka (merasa) aman dari adzab Allah, dan yang paling kaya dari mereka adalah orang yang paling qana’ah (selalu merasa cukup dengan pemberian Allah, baik sedikit maupun banyak)." Sedangkan orang yang paling perkasa adalah orang yang (paling) takwa.