Sabar Kunci Kenikmatan



Dengan Ridhonya - memang yang namanya kehidupan itu ngga selalu berjalan mulus, ngga selalu sesuai apa yang telah kita rencanain. ya itulah hidup kadang kita berada diatas, dan kadang juga kita berada dibawah, semua itu emang sudah menjadi suatu rutinitas yang harus kita jalani. dan hal yang harus kita lakukan adalah banyak-banyak bersyukur tentang apa yang sudah kita dapatkan selama ini, jangan pernah kita mengeluhkan hal yang ngga bisa kita punyai, ingat di luar sana masih banyak orang yang kurang beruntung dari pada kita. kalo kita kerjaannya cuman mengeluh ya kia ngga akan merasa puas dan hidup kita ya bakalan gitu-gitu aja, ngga akan ada yang namanya kemajuan.
kadang juga berbagai masalah yang menimpa hidup kita bisa menjadi acuan untuk kita maju ataupun mundur. buat orang yang selalu optimis dan berprinsip tentu ngga akan pernah nyerah kalo ketemu masalah yang susah. bahkan orang tersebut biasanya lebih tertantang dengan masalah yang ia hadapin.  masalah itu emang harus dihadapi jangan dijadikan suatu alasan buat hidup menjadi lemah. salah satu hal yang wajib buat dilakukan ya berdoa kepada Allah Swt, bersyukur dan selalu sabar serta ikhlas dalam menghadapinya.

Alangkah indahnya bagi orang yang memiliki kesabaran Allah Swt. Menggambarkan hal tersebut didalam kitab- Nya.,” sesungguhnya Allah itu beserta orang-orang yang sabar’’. Subhanaanallah, begitu beruntungnya orang-orang yang memiliki kesabaran, karena pahala yang tiada akan pernah terputus. Sabar adalah sebuah kunci kenikmatan. Kalaulah kita memiliki, maka kita akan menjadi orang yang dekat dengan Allah. Banyak hal yang harus kita sikapi dengan sabar di antaranya:

Pertama , sabar ketika kita memiliki suatu keinginaan.keinginan adalah suatu hal yang wajar dan manusiawi. Keseharian kita tidak akan lepas dari keinginan dan keinginaan,Namun, tidak sedikit di antara kita yang terjerumus oleh keinginan, yang keinginan itu ditunggangi nafsu.keinginan kita seperti inilah yang sesungguhnya akan menjerumuskan kita kepada jurang kenistaan jika kita tidak dapat mengendalikanya. Sabar yang paling penting adalah sabar di dalam meluruskan niat ketika kita memiliki suatu keinginan. Kalau tidak sabar maka kita akan  kehilangan niat yang hanya karena Allah semata.Justru niat adalah sebagai tolak ukur, apakah amalan kita akan diterima atau tidak oleh Allah swt. Orang yang capek pontang-panting tidak akan mendapatkan apa-apa, karena niatnya tidak sekuat keinginananya. Dalam menjalankan keinginan, kita harus banyak berfikir panjang dan banyak bertanya terus pada diri.Apakah keinginan kita ini bermanfaat atau tidak, baik itu untuk kita  atapun untuk semua. Kita pikirkan hisab apa yang akan kita terima dari semua yang kita beli dan kita miliki itu.Apakah ini karena Allah atau karena ingin dipuji oleh manusia.
Sahabat, ketika menentukan sebuah keinginan, berpikir,berpikir, dan berpikirlah terus menerus( berpikir panjang). Ketika mengucap sebuah perintahpun harus dengan kalimat yang baik serta dengan rasa penuh kesabaran ,Banyak orang yang tergelincir akibat kurang pandainya menahan nafsu,Jika seseorang selalu menginginkan sesuatu karena nafsu, maka orang itu akan hancur mendapatkan murka dari AllahSwt.Sabar adalah perbuatan yang tidak ada kaitannya dengan waktu. Tidak dalam hitungan menit ataupun hitungan detik Namun demikian , sabar juga bukan perbuatan yang mencerminkan sebuah kepasifan, melainkan merekomendasikan kita untuk terus gigih berjuang dan berada dijalan Allah.

Kedua, sabar yang harus ditanam dalam diri kita adalah sabar  saat kita berproses. Kebanyakan orang tidak begitu senang menjalani episode hidup ini. Biasanya, orang hanya bisa melihat hasil dan kenikmatannya saja, tanpa pernah mengingat bahwa sebuah kenikmatan hanya dapat diperoleh melalui proses. Maka sesungguhnya yang harus kita nikmati itu prosesnya bukan hasilnya, karena hasil hanyalah sebuah efek dari bagaimana kita berproses. Proseslah yang sesungguhnya dilihat Allah Hingga, merugikan orang yang tidak bersabar dalam proses. Berharaplah kepada Allah dalam setiap apapun, karena hanya Allah-lah yang tidak akan pernah mengecewakan,Kita harus menikmati proses dan hasil itu di sisi Allah. Laa haula wa laa quwwata illaa billaah, tidak ada daya dan kekuatan melainkan dari Allah yang maha segalanya.

 Sahabat, proses yang menuntut kita untuk menjadi orang sabar adalah tatkala mencari rezki. Yakinlah bahwa Allah yang mengatur semua rezeki hamba-Nya setiap yang kita lakukan, akan jadi amal jika kita sabar dalam menghadapinya.  Sungguh rugi jika setiap yang kita lakukan, tidak dibarengi dengan mengingat Allah seperti halnya dalam setiap makanan yang kita makan. Makanaan akan lebih terasa nikmat jika dibarengi dengan mengingat Yang Maha Luas akan pemberian dan kenikmatan-Nya. Sabar dalam menghadapi sesuatu yang tidak cocok itu lebih mulia dan lebih bernilai di mataAllah kita tidak akan bisa membandingkan kekayaan Allah dengan kekayaan yang ada pada diri kita dan alam semesta ini Kegagalan misalnya, sesungguhnya ia merupakan  kesalahan kita di dalam bersikap.Kegagalan bukanlah tidak sampainya kita pada apa yang di cita-citakan. Kegagalan lebih merupakan sebuah ketidak beranian dalam mencoba sebuah aktivitas. Kita mesti ingat bahwa rencana Allah itu pasti terjadi .Bisa jadi kita menyukai sesuatu padahal Allah tidak menyukai sesuatu yang kita sukai. Atau mungkin sebaliknya, Adakalanya kegagalan itu adalah pintu menuju kesuksesan. Pepatah bilang, kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda. Allah telah berjanji bahwa Allah akan memberikan sesuatu yang tidak pernah diduga-duga bersabarlah dalam menahan segala bentuk keinginan, bahkan dalam beribadah sekalipun. Tidak ada kegagalan sejati kecuali hancurnya keimanan, Kegagalan versi manusia itu bukan kegagalan, melainkan suatu keuntungan bagi dirinya. Tidak akan disia-siakan  Oleh-Nya jika kita menghadapinya dengan lapang hati dan saba r, Di antara bagian-bagian kesabaran,yang lebih berat adalah kesabaran pada saat kita meraih sebuah kesuksesan. Terkadang, kita lupa  bahkan ujub dengan apa yang telah diberikan Allah kepada kita.

          Sahabat, berhati-hatilah disetiap langkah kita, manfatkanlah waktu yang telah Allah berikan dengan sebaik-baiknya, karena setiap detik yang kita gunakan itu akan dipinta pertanggungjawabkannya di sisi Allah kelak, Sesungguhnya yang sukses itu ialah yang tetap sabar dijalan Allah dan menjadikan sabar itu sebagai kunci kenikmatan menuju jannah Allah Swt.Wallahua’lam


Baca Juga :
Di Doakan Secara Khusus Untuk Menyelsaikan Masalah anda KlikDisini 
Tasbih Laduni Klik Disini  
Cara Meraih Kesuksesan dalam Kerejekian   Klik disini  
Ijazah Hizib Para Wali  Klik Disini  
Kumpulan Ilmu Hikmah Gratis  Klik Disini  
Nama nama Ilmu Hikmah  Klik Disini  
20 Manfaat dari Infak dan Sedekah  Klik Disini    

PERHATIAN: Bagi anda yang mengingikan dan mau mengamalkan Ilmu Ilmu Hikmah ini, yang penting anda mau mengeluarkan Shodaqoh seiklasnya, untuk perjuangan dakwah islamiah bersama Al-Hikmah Nur Iman dan berbagi kepada Fakir Miskin dan Anak Yatim dan Fisabillilah, Ilmu Hikmah yang anda inginkan   akan kami berikan kepada anda.

Shodaqoh anda adalah ibadah anda.
Hasilnya akan kami Sumbangkan !!!
Untuk Perjuangan dakwah Islamiyah
Problematika Umat Islam Indonesia klik disini



Penyaluran Zakat, Infaq dan Shodaqoh  Klik disini   

Anda yang Mau Bergabung bersama kami dengan yang lainya Menjadi Santriwan Santriwati secara Online di AL-HIKMAH NURIMANI
MERAIH KUNCI SUKSES DUNIA & AKHIRAT
“Barang siapa yang berjalan menuju Allah, Maka Allah akan berlari menuju dia. Siapa yang berlari menuju Allah, maka Allah akan melompat dan memelukNya”
Share on Google Plus

Pesan AL-HIKMAH NUR IMANI

“Orang yang paling pintar adalah orang yang berbuat baik, tetapi takut akan adzab Allah. Yang paling bodoh ialah yang berbuat kejahatan (kesalahan), tetapi mereka (merasa) aman dari adzab Allah, dan yang paling kaya dari mereka adalah orang yang paling qana’ah (selalu merasa cukup dengan pemberian Allah, baik sedikit maupun banyak)." Sedangkan orang yang paling perkasa adalah orang yang (paling) takwa.