Kekuatan mental menghadapi masalah


Dengan Ridhonya - Hidup terlalu indah untuk disesali, dan ketika melemahkan dan mengkerdilkan diri, kita akan kehilangan cara untuk membahagiakan hidup dan menikmati indahnya dunia. Kita lahir karena menjadi pemenang atas persaingan yang ketat dan tidak mudah, meski kita ada bukan karena mau kita sendiri. Dan tidak bisa berbuat apa-apa atas hal itu.

Yang bisa dilakukan adalah menghadapi semua itu. Miliki mental yang kuat untuk menghadapi tekanan kehidupan yang kuat. Mental baja adalah modal yang sangat baik untuk bisa menjalani hidup di dunia dengan kebahagiaan.  Kita bisa membangun karir yang bagus, jiwa yang sehat, dan sosialisasi yang baik saat memiliki mental baja.
Apakah anda ingin menghadapi hidup dengan santai tanpa tertekan atau stres?. Saat menyadari bahwa hidup itu keras dan sulit mungkin pernah berfikir apa alasan kita di lahirkan di dunia ini. Daripada terus meratapi nasib, dan mengeluh mengapa tidak mencoba menguatkan diri dan mental untuk menghadapi kehidupan ini.

Mengeluh dan meratapi nasib adalah bentuk melemahkan dan mengkerdilkan diri. Itu bukanlah sikap seorang yang punya mental yang baik.  Itu adalah sikap pecundang yang tidak bisa mensyukuri hidup.
Bila Anda bisa mulai melihat setiap masalah yang terjadi dalam hidup sebagai kesempatan untuk berlatih menjadi lebih kuat maka Anda akan mulai menambah kebijaksanaan dan pencerahan yang bisa diuji ketika segala sesuatunya menjadi sangat berat.
Berikut adalah beberapa perubahan hidup yang akan membuat mental Anda kuat dan solid :

1. Jangan biarkan masalah memengaruhi inti Anda atau siapa Anda sebenarnya
Orang tangguh memahami bahwa ada pemisahan antara siapa mereka dan apa yang menyebabkan penderitaan sesaat mereka. Mereka percaya pada “ini akan segera berlalu” bukannya mengasihani diri sendiri.

2. Kekuatan mental datang kepada mereka yang sadar diri
Ketidaktahuan mungkin kebahagiaan dan bisa membuat Anda merasa lebih baik di saat stres tetapi belajar untuk mengabaikan stres.

3. Sangat baik untuk memiliki orang-orang yang kuat mental sekitar Anda Kita semua memiliki dukungan sosial tetapi dengan dikelilingi oleh orang-orang yang kuat dan positif justru bisa meningkatkan kekuatan mental Anda. Orang bahagia dan positif tidak hanya menyenangkan tetapi juga menawarkan dukungan dan ruang untuk mengatasi saat-saat yang menegangkan. Mereka akan mendengarkan Anda dan menenangkan Anda di saat-saat terberat Anda.

4. Mulai menerima masalah                                                                       
Menerima bahwa rasa sakit atau emosional adalah kunci untuk bisa menahan rasa sakit. Orang tangguh memahami bahwa rasa sakit adalah bagian dari hidup. Penerimaan bukan tentang kehilangan harapan atau tak berdaya. Ini tentang membiarkan diri mengalami berbagai macam emosi dan percaya bahwa kita akan bangkit kembali.

5. Self-care adalah perawatan yang terbaik                                                
Memiliki daftar mental dari kebiasaan baik yang mendukung Anda ketika Anda membutuhkannya. Tidur yang baik, diet yang sehat, berolahraga setiap hari, bermeditasi setiap hari adalah beberapa hal yang orang tangguh lakukan setiap hari dan terus melakukannya selama saat-saat sulit mereka juga.

6. Carilah bantuan                                                                                                           
Orang yang paling tangguhpun tahu bagaimana untuk mencari bantuan
Dan apabila kita memang sedang menghadapi masalah tentunya kita akan sangat membutukkan uluran tangan orang lain, untuk membantu menyelesaikan permasalah itu,.
Bagi sebagian orang yang punya mungkin mereka memiliki seorang guru spiritual, atau seorang motivator pribadi mungkin. Yang akan selalu memberi semangat, suport, menguatakan disaat rapuh, membimbing kearah yang benar, walaupun yang mereka dapatakan hanyalah sebuah kata-kata atau nasihat

Akan tetapi kata-kata itu bukanlah sebuah kata biasa, kata-kata yang berasal dari pemikiran orang-orang bijak, para motivator mampu memberikan kekuatan sendiri bagi mereka yang mendengarkan ataupun yang membaca tulisan-tulisanya. Banyak orang yang kuat bertahan dari beban masalah kehidupan melewatinya dan bahkan menjadi lebih sukses hanya kerena seorang motivator,  karena mereka mau mendengarkan dan mau menerapkannya.

Yang pasti jangan pernah lari dari masalah. Jangan pernah masalah mengalahkan kita. Kita adalah makhluk Tuhan yang mulia dikaruniai otak sehingga kita bisa memikirkan jalan keluar dari masalah yang kita hadapi.
Tanpa masalah kita tak layak untuk masuk jalur keberhasilan. Apapun yang terjadi dalam hidup ini, walapun masalah sekalipun terimalah sebagai bingkisan yang harus kita terima. Tidaklah manusia berhenti menghadapi masalah kehidupan, kecuali setelah kehidupan manusia itu berhenti. Sudah pada fitrahnya kita menghadapi masalah, maka hadapilah dan jangan menghindarinya.
Tidak ada badai yang abadi, dan badai pasti berlalu. Maka masalah kita juga pasti berlalu, hanya saja apakah kapal kita tetap ingin bertahan? Atau memilih untuk karam ditelan badai?

Mari lalui semua badai masalah dengan tegar, kokoh, dan berlayar kembali dengan baik. Menjalin kehidupan yang harmonis penuh semangat tentulah sudah menjadi harapan setiap orang. Dan tulisan diatas dibuat bukan tanpa alasan, tidak lain agar bisa bermanfaat bagi orang lain yang membacanya. Dan akan lebih bermanfaat lagi bagi mereka yang mau menerapkanya dalam kehidupan sehari-hari.


Info layanan kami :
     Di Doakan Secara Khusus   Klik Disini »  ·  Terapi Air  Hikmah   Klik Disini »     ·  Pengizajahan Ilmu Hikmah   Klik  Disini »   ·   Tasbih Laduni    Klik Disini » ·  Ilmu Rajah / Wifik   Klik  Disini »  · Milikilah Ilmu Hikmah Mencapai Hidup Berkah dan Barokah   Klik Disini »   ·   Anda ingin Menjadi Santri Online  Al-Hikmah Nur Imani   Klik Disini »   ·   Berkunjung ke Al-Hikmah Nur Imani  Untuk Konsultasi Langsung.  Klik Disini » 
Share on Google Plus

Pesan AL-HIKMAH NUR IMANI

“Orang yang paling pintar adalah orang yang berbuat baik, tetapi takut akan adzab Allah. Yang paling bodoh ialah yang berbuat kejahatan (kesalahan), tetapi mereka (merasa) aman dari adzab Allah, dan yang paling kaya dari mereka adalah orang yang paling qana’ah (selalu merasa cukup dengan pemberian Allah, baik sedikit maupun banyak)." Sedangkan orang yang paling perkasa adalah orang yang (paling) takwa.