Melawan rasa putus asa



Mohon maaf untuk Sahabat dan Santri Online Al-Hikmah Nur Imani Dikarenakan BBM atas nama Gita Dewi (Pin D02D0326) Over Load ( Eror ) sekarang coba invite D364FAB4 Gita Dewi- Al Hikmah Nur Imani atas segala perhatianya kami haturkan trima kasih

Dengan Ridhonya - Rasa putus asa akan membuat apa yang kita cita-citakan semakin menjauh dan kemudian menghilang. Putus asa merupakan jalan terbaik untuk menjauhkan semua impianmu yang belum tercapai. Saat mengalami hal tersebut, sebaiknya kita tidak menyerah namun harus kembali bangkit dan terus berjuang hingga berhasil tanpa perduli apapun halangan dan rintangan yang akan menghadang. Dengan begitu tanpa terasa segala ujian dalam bentuk apapun pasti bisa kita lalui dengan mudah asalkan kita tidak mudah menyerah.

Sebagian besar orang akan menyerah setelah segala usaha besar yang telah ia lakukan gagal di tengah jalan, namun sebaliknya disaat itulah calon orang sukses akan terus berdiri dan bangkit mengambil kesempatan atau peluang yang ditinggalakan orang-orang yang mudah menyerah. Bila kita membaca beberapa kisah sukses seseorang, mereka cenderung mendapakan masalah yang lebih sulit dibandingkan kita, namun lihat hasilnya mereka justru menjadi sangat sukses karena berhasil melewati ujian rasa putus asa tersebut.

Putas asa adalah suatu sikap atau perilaku seseorang yang menganggap drinya telah gagal dalam menghasilkan sesuatu harapan cita-cita. Ia tidak mau kembali lagi untuk berusaha yang kedua kalinya. Semua umat manusia pasti merasakan putus asa. Dan umat itu pastilah menjadi lemah dan lenyap kekuatannya karena putus asa merupakan penyakit atau racun yang benar-banar membahayakan bagi setiap pribadi manusia. 

Bukan sembarangan jika Allah SWT. dalam salah satu firman-Nya, mempersamakan antara sifat putus asa itu dengan sifat kekafiran. Sebabnya tiada lain hanyalah karena bencana yang ditimbulkan oleh kedua macam sifat itu sama-sama besar dan dahsyat. Firman Allah dalam Al-Qur’an, yang artinya: “janganlah kamu semua berputus asa dari rahmat Allah, sesungguhnya tidak ada yang suka berputus asa dari rahmat Allah, melainkan golongan orang-orang kafir”. (QS. Yusuf:87)

Allah SWT menyamakan sifat putus asa dengan kekafiran, karena bencana yang ditimbulkan oleh kedua sifat itu sama besar dan dasyat. Karena apabila ia diberi beban atau sesuatu yang harus siselesaikan dan perlu segera dilaksanakan demi kepentingan masyarakat, ia meninggalkannya secara perlahan-lahan, bahkan terkadang tidak mengerjakan sama sekali. Ia merasa keberatan atau menganggap bahwa apa yang dititipkan kepadanya terlampau berat sehingga ia enggan dan berputus asa untuk meneruskannya. Tentu saja hal itu merugikan diri sendiri dan masyarakat.

Bagaimana Ciri Ciri Perilaku Putus Asa
Orang yang berputus asa itu biasanya mengalami ciri ciri berikut
- Berburuk sangka kepada Allah
- Menolak kebenaran, malas beribadah dan berdoa
- Menghalalkan segala cara dalam mencapai tujuannya
- Malas berbuat erbuat baik

Penyebab Penyakit Putus Asa
Beberapa penyebab penyakit putus asa adalah Sbb:
- Banyak dihimpit derita, ujian, dan musibah yang berat
- Kurang ilmu tentang keluasan rahmat Allah dan ampunan Allah

Bagaiman Cara Mengatasi Putus Asa
Cara mengatasi putus asa saat anda mengalami kegagalan dalam melakukan suatu hal atau pekerjaan adalah dapat anda baca pada cara cara berikut:
1.                 Fahami badai pasti berlalu. Setiap ada kesulitan pasti ada kebahagiaan, setiap ada masalah pasti ada jalan keluarnya. Seberat apapun masalah yang kita hadapi sifatnya netral dan Tuhan pasti memberikan solusi dan jalan keluarnya, tergantung kita mau mencarinya atau tidak.
2.                 Berpikir untuk masa depan. Lihatlah ke depan dan kembali ingat-ingatlah berbagai target, harapan, dan cita-cita yang ingin dicapai.
3.                 Lihat sekitar anda. Ingatlah orang-orang tersayang di sekitar anda, ingat bagaimana mereka begitu penuh kasih sayang dan pasti tidak ingin melihat kita bersedih.
4.                 Cobalah pergi ke tempat dimana terdapat beberapa orang yang kurang mampu, misalkan panti asuhan atau rumah kumuh. Renungkanlah bagaiman mungkin kita bisa menyerah pada keadaan dengan begitu mudah, sementara di tempat lain masih banyak orang yang berada pada keadaan lebih sulit.
5.                 Kesuksesan bukan hanya materi. Materi memang penting dalam mengarungi hidup didunia, namun jangan jadikan tujuan utama.
6.                 Pasrahkan setiap masalah pada Tuhan. Pasrahkan semua permasalahan materi setelah anda berusaha semaksimal mungkin untuk mencapainya. Dengan kepasrahan akan memperoleh energi baru untuk meraih kesusksesan.
7.                 Kegagalan bukan akhir segalanya. Setiap kegagalan merupakan awal untuk meraih sebuah kesuksesan, karena kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda selama kita terus berusaha tanpa rasa putus asa.
8.                 Syukuri nikmat Tuhan yang kita terima. Jangan bandingkan apa yang anda peroleh dengan nikmat yang diperoleh orang lain yang bisa menimbulkan rasa iri, dengki dan semakin menyiksa diri sendiri.
9.                 Sharing permasalahan anda kepada orang-orang terdekat anda sehingga diterima saran untuk mencapai jalan keluar setiap masalah
10.            Yakinlah bahwa setelah ada kesulitan, maka akan ada sebuah titik terang yang datang, sebagaimana matahari yang akan berpijar indah setelah gelapnya malam menyergap.
11.            Bangkitkanlah kembali motivasi terbesar bagi semua usaha anda. Tiap orang pasti punya motivasi untuk bisa bertahan, entah itu orang tua, pasangan, anak, atau pun cita-cita tertentu.


Mohon maaf untuk Sahabat dan Santri Online Al-Hikmah Nur Imani Dikarenakan BBM atas nama Gita Dewi (Pin D02D0326) Over Load ( Eror ) sekarang coba invite D364FAB4 Gita Dewi- Al Hikmah Nur Imani atas segala perhatianya kami haturkan trima kasih

Agar kita dapat meneruskan hidup dengan lebih baik, lupakan kegagalan dan sakit hati di masa lalu. Bersyukurlah untuk yang telah kita capai namun tetap semangat untuk yang belum kita capai, Impian akan menjadi kenyataan bila kita memiliki keberanian untuk mengejarnya, Ingat keraguan akan mengakibatkan kekalahan, namun keyakinan akan menghasilkan kemenangan.

Wasallam

Baca Juga :
Di Doakan Secara Khusus Untuk Menyelsaikan Masalah anda KlikDisini 
Tasbih Laduni Klik Disini  
Cara Meraih Kesuksesan dalam Kerejekian   Klik disini  
Ijazah Hizib Para Wali  Klik Disini  
Kumpulan Ilmu Hikmah Gratis  Klik Disini  
Nama nama Ilmu Hikmah  Klik Disini  
20 Manfaat dari Infak dan Sedekah  Klik Disini    

Penyaluran Zakat, Infaq dan Shodaqoh  Klik disini   

Anda yang Mau Bergabung bersama kami dengan yang lainya Menjadi Santriwan Santriwati secara Online di AL-HIKMAH NURIMANI
MERAIH KUNCI SUKSES DUNIA & AKHIRAT
“Barang siapa yang berjalan menuju Allah, Maka Allah akan berlari menuju dia. Siapa yang berlari menuju Allah, maka Allah akan melompat dan memelukNya”
Share on Google Plus

Pesan AL-HIKMAH NUR IMANI

“Orang yang paling pintar adalah orang yang berbuat baik, tetapi takut akan adzab Allah. Yang paling bodoh ialah yang berbuat kejahatan (kesalahan), tetapi mereka (merasa) aman dari adzab Allah, dan yang paling kaya dari mereka adalah orang yang paling qana’ah (selalu merasa cukup dengan pemberian Allah, baik sedikit maupun banyak)." Sedangkan orang yang paling perkasa adalah orang yang (paling) takwa.