Dahsyatnya keutamaan pada hari jumat



Ya Allah, selamatkan hamba dari segala fitnah, dari segala musibah yang ditujukkan untuk hamba dan orang-orang yang hamba sayangi
Ya Allah, hanya padaMu aku berlindung dan berserah atas segala apapun yang terjadi saat ini, atau saat kapanpun waktu
Ya Allah, tentramkan hati ini, sejukkan jiwa ini, dan masukkan aku dalam golongan orang yang selalu beriman padaMu

Hari Jum'at merupakan nikmat rabbaniyah yang selalu dijadikan lahan kedengkian musuh-musuh Islam. Hari Jum'at merupakan karunia dari Allah untuk umat ini yang telah dijadikan sebagai umat terbaik yang dikeluarkan di tengah-tengah manusia. Allah mengutamakan hari ini di atas hari-hari dalam satu pekan, lalu Dia mewajibkan kepada orang Yahudi dan Nashrani untuk mengagungkannya. Tapi, mereka melanggarnya dan memilih hari selainnya sehingga mereka tersesat dan tidak mendapat petunjuk. Kemudian Allah menunjuki umat ini kepada hari yang mulia ini dengan mengagungkannya

Kali Ini Dengan Ridhonya – Kami akan memaparkan tentang Keutamaan Dahsyatnya Hari Jum’at. Hari Jum’at adalah salah hari yang sangat teristimewa dari seluruh hari yang ada. Hari Jumat bisa dikatakan adalah hari besar bagi ummat muslim dari seluruh hari lainnya.

Banyak Keberkahan dan Keutamaan yang disampaikan oleh Rasulullah mengenai hari Jumat. Maka marilah kita seyogiyanya mengisi hari jumat dengan banyak ibadah Kepada Allah SWT. Karena didalamnya terdapat Keagungan yang tidak kita dapatkan dihari yang lainnya. Berikut Keutamaan Dahsyatnya hari Jumat

1.Adanya kewajiban untuk melaksanakan salat jumat

اَلْجُمْعَةُ حَقُّ وَاجِبٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ فِ جَمَاعَةٍ إِلاَّ عَلَى أَرْبَعَةٍ : عَبْدٍ مَمْلُوْكٍ أَوِمْرَأَةٍ أَوْصَبِيٍّأَوْمَرِيْضٍ

Shalat jumat itu wajib atas tiap orang muslim berjamaah kecuali empat orang : Hamba sahaya, atau wanita, atau anak-anak (yang belum baligh) atau orang sakit.” (HR. Abu Dawud dan Alhakim)

2. Mandi Sebelum Sholat Jumat dapat menghapus dosa
Sabda Nabi Muhammad : “Barang siapa mandi kemudian pergi shalat jumat kemudian shalat sunat sekuasanya, kemudian mendengarkan khutbah, kemudian shalat bersama-sama imam, nisacaya Allah akan mengampuni dosa-dosanya antar dua jumat dan ditambah tiga hari lagi.

3. Hari terbaik dari hari-hari yang lain

عَنْ اَبِيْ هُرَيْرَةَ اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ,, خَيْرُ يَوْمٍ طَلَعَتْ فِيْهِ الشَّمْسُ يَوْمُاْلجُمْعَةِفِيْهِ خُلِقَ آدَمُ عَلَيْهِ السَّلَامُوَفِيْهِ أُدْخِلَ اْلَجنَّةَوَفِيْهِ أُخْرِجَ مِنْهَا وَلَا تَقُوْمَ السَّاعَةُإِلَّا فِي يَوْمِ اْلجُمْعَةِ

Dari Abu Hurairah, sesungguhnya Rasulullah saw. Bersabda : “Sebaik-baik hari yang pada hari itu terbit adalah hari jumat, pada hari itu Adam diciptakan, pada hari itu ia dimasukkan ke jannah(surga) dan pada hari itu ia dikeluarkan dari jannah dan tidak akan terjadi hari kiyamat kecuali pada hari jumat.” (HR. Muslim dan Tirmidzi)

4. Waktu Mustajab Berdoa ketika Mimbar duduk Diantara dua Khutbah

وَعَنْ اَبِيْ مُوْسَى اَنَّهُ سَمِعَ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُوْلُ فِيْ سَاعَةِ الْجُمْعَةِ,, هِيَمَابَيْنَ اَنْ يَجْلِسَ اْلإِمَامُ-يَعْنِيْ عَلَى الْمِنْبَرِ-اِلٰى اَنْ تُقْضَى الصَّلاَةُ,,

Dan dari Abu Musa, sesungguhnya ia pernah mendengar Nabi saw. Bersabda tentang waktu (mustajab di) hari jumat yang dimaksud : yaitu antara Imam duduk—di atas mimbar sampai selesai salat. (HR. Muslim dan Abu Dawud)
Sebaiknya kita memohon Kepada Allah ketika mimbar duduk diantara dua khutbah.

5. Doa ketika hari jumat akan dijawab oleh Allah
Sabda Rasulullah : “Sesungguhnya pada hari jumat itu ada satu saat, yang tidak ada seseorang yang memohon sesuatu kepada Allah pada saat itu melainkan Allah pasti akan memberi kepadanya.” (HR. Ibnu Majah dan At-Tirmidzi)

6. Didalam jumat ada waktu yang Mustajab ketika berdoa.
Nabi bersabda : “Sesungguhnya pada hari jumat itu ada satu saat yang tidak bertepatan seorang muslim yang sedang memohon kebaikan kepada Allah azza wa jalla melainkan pada saat itu Allah pasti akan memberinya. Saat itu sesudah ashar.” (HR. Ahmad)

7. Perbanyak salawat karena akan ditampakkan pada Rasulullah
Sabda Nabi saw : “Perbanyaklah membaca salawat untukku pada hari jumat, karena sesungguhnya salawatmu itu disaksikan, yang menyaksikan adalah para malaikat, dan sesungguhnya seseorang tidaklah ia membaca salawat kepadaku melainkan doa salawat itu mesti ditampakkan padaku, sehingga ia selesai bersalawat.” (HR. Ibnu Majah)
8. Sedekah pada hari jumat akan mendapat pahala berlipat ganda

 الصَّدَقَةُ تُضَاعَفُ يَوْمَ الْجُمْعَةِ

“Sedekah itu dilipat gandakan pahalanya pada hari jumat (yakni bila sedekah itu pada hari jumat maka pahala berlipat ganda dari lain-lain hari.”(HR. Abi Syaibah)
9. Meninggal pada hari jumat adalah pertanda baik (khusnul khatimah)

عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرٍو قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : مَا مِنْ مُسْلِمٍ يَمُوتُ يَوْمَالْجُمُعَةِ أَوْ لَيْلَةَ الْجُمُعَةِ إِلَّا وَقَاهُ اللَّهُ فِتْنَةَ الْقَبْرِ

“Dari Abdullah bin ‘Amr radhiyallahu anhuma, ia berkata: Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda: “Tidaklah seorang muslim meninggal dunia pada hari Jumat atau pada malam Jumat melainkan Allah akan melindunginya dari fitnah (pertanyaan) kubur.” (HR. At-Tirmidzi, Ahmad, Humaid, Abu Ya’la, dan Al-Baihaqi).

10.  Kiamat akan datang pada hari jumat.

Dijelaskan dalam sebuah hadits lagi Dari Abu Lubabah Al Badri, sesungguhnyaRasulullah bersabda : “Penghulu hari adalah hari jumat, dan ia adalah seagung-agungnya hari bagi Allah, bahkan lebih agung bagi Allah daripada hari raya Fitri dan Adha. Dan pada hari jumat itu terjadi lima kejadian : 1) Allah menjadikan Adam pada hari itu, 2) Allah menurunkan Adam pada hari itu ke dunia, 3) Pada hari itu Adam wafat, 4) Pada hari itu tidak ada satu saat yang seseorang tidak memohon kepada Allah sesuatu melainkan pasti dikabulkan, selama ia tidak meminta barang yang haram. 5) Pada hari itu akan terjadi hari Kiyamat. Tidak ada malaikat yang dekat kepada Allah, langit, bumi, angin, gunung-gunung, lautan, melainkan semua mencintai hari jumat.” (HR. Ahmad dan Ibnu Majah)

Demikian dahsyatnya keutamaan pada hari jumat, sebaiknya jangan pernah kita sia-siakan amalan pada hari jumat. Karena betapa besar kerugian kita, jika dahsyatnya hari jumat ini, tidak kita gunakan dengan sebaik mungkin. Semoga Allah Memberi hidayah kepada kita Untuk bisa Mengamalkannya.


Amin.