Manfaat Buka Bersama dan Tarling

Denganridhonya.com – Pondok pesantren Al Hikmah Nur Imani bersama staf dan jajaran pengurus menghadiri acara buka puasa bersama dan tarling (Terawih Keliling ) , Jumat 19 Romadhan 1437 (14/06/2016), bersama dengan para santri dan jajaran pengurus masjid dan pesantren se jawa barat.

Acara buka puasa bersama ini dimulai pukul 17.00 wib dengan diawali pembacaan ayat suci Al Quran, sambutan ibu hj, Gita Dewi, kemudian dilanjutkan ceramah agama oleh HM. Rahmat setiaji .

Kegiatan buka bersama dan tarling  ini sudah menjadi tradisi di lingkungan Pondok Pesantren dan Mazelis Zikir Al-Hikmah Nur Imani  setiap Ramadan untuk menjalin tali silaturahmi. Para pengurus Ponpes dan masjid sejawa barat untuk menggelar buka bersama dan tarling. Usai buka bersama, kegiatan  diakhiri dengan tarawih bersama dan acara ramah tamah dan pembekalan materi.



Dalam sambutannya, HM. Rahmat Setiaji , mengatakan, Ramadan merupakan momen penuh ibadah dan kebahagiaan. Adalah suatu kesempatan bagi umat muslim untuk melakuan banyak kebaikan di bulan Ramadan, salah satunya adalah dengan menjaga dan menjalin silaturahmi.

Buka puasa bersama dan Tarling bukan sekedar temu kangen, namun lihatlah ini sebagai momen untuk menyambung tali silaturahmi. Adapun perkara menjalin silaturahmi ini sangat penting bagi umat muslim, seperti berikut ini:
Dari Abu Ayyub Al Anshori, Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah ditanya tentang amalan yang dapat memasukkan ke dalam surga, lantas Rasul menjawab,

تَعْبُدُ اللَّهَ لاَ تُشْرِكُ بِهِ شَيْئًا ، وَتُقِيمُ الصَّلاَةَ ، وَتُؤْتِى الزَّكَاةَ ، وَتَصِلُ الرَّحِمَ

Sembahlah Allah, janganlah berbuat syirik pada-Nya, dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat, dan jalinlah tali silaturahmi (dengan orang tua dan kerabat).” (HR. Bukhari no. 5983)
Dari Abu Bakroh, Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَا مِنْ ذَنْبٍ أَجْدَرُ أَنْ يُعَجِّلَ اللَّهُ تَعَالَى لِصَاحِبِهِ الْعُقُوبَةَ فِى الدُّنْيَا – مَعَ مَا يَدَّخِرُ لَهُ فِى الآخِرَةِ – مِثْلُ الْبَغْىِ وَقَطِيعَةِ الرَّحِمِ

Tidak ada dosa yang lebih pantas untuk disegerakan balasannya bagi para pelakunya [di dunia ini] -berikut dosa yang disimpan untuknya [di akhirat]- daripada perbuatan melampaui batas (kezhaliman) dan memutus silaturahmi (dengan orang tua dan kerabat)” (HR. Abu Daud no. 4902, Tirmidzi no. 2511, dan Ibnu Majah no. 4211, shahih)
Abdullah bin ’Amr berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
لَيْسَ الْوَاصِلُ بِالْمُكَافِئِ ، وَلَكِنِ الْوَاصِلُ الَّذِى إِذَا قَطَعَتْ رَحِمُهُ وَصَلَهَا 
Seorang yang menyambung silahturahmi bukanlah seorang yang membalas kebaikan seorang dengan kebaikan semisal. Akan tetapi seorang yang menyambung silahturahmi adalah orang yang berusaha kembali menyambung silaturahmi setelah sebelumnya diputuskan oleh pihak lain.” (HR. Bukhari no. 5991)
Jadi marilah kita perbaiki pandangan kita mengenai acara buka puasa bersama dan tarling yaitu dengan niat ikhlas untuk menjalin silaturahmi.

Manfaat berbuka puasa bersama:
Jika kita cermati tenyata tradisi ini juga memiliki manfaat bukan hanya bagi peserta buka puasa bersama namun juga bermanfaat bagi orang lain. Adanya ajang kumpul-kumpul ini mestinya dimanfaatkan pula untuk membuka jalan dalam berlomba-lomba dalam kebaikan dengan kegiatan ibadah secara kolektif, seperti mengumpulkan zakat dan menyalurkannya ke wadah yang membutuhkan misalnya.
Dengan demikian, kegiatan ini sangatlah bermanfaat dan diharapkan untuk bisa terus eksis. Alangkah lebih baiknya apabila buka puasa bersama di bulan suci Ramadhan ini juga ditingkatkan kwalitasnya dan bisa dinikmati jamaah dalam skala yang lebih luas.

Sekian tujuaan, hikmah dan manfaat buka puasa bersama dan Tarling. Semoga ibadah puasa kita menjadi lebih sempurna dari tahun-tahun sebelumnya. Amiin

Baca Juga :
Di Doakan Secara Khusus Untuk Menyelsaikan Masalah anda KlikDisini 
Tasbih Laduni Klik Disini  
Cara Meraih Kesuksesan dalam Kerejekian   Klik disini  
Ijazah Hizib Para Wali  Klik Disini  
Kumpulan Ilmu Hikmah Gratis  Klik Disini  
Nama nama Ilmu Hikmah  Klik Disini  
20 Manfaat dari Infak dan Sedekah  Klik Disini   

PERHATIAN: Bagi anda yang mengingikan dan mau mengamalkan Ilmu Ilmu Hikmah ini, yang penting anda mau mengeluarkan Shodaqoh seiklasnya, untuk perjuangan dakwah islamiah bersama Al-Hikmah Nur Iman dan berbagi kepada Fakir Miskin dan Anak Yatim dan Fisabillilah, Ilmu Hikmah yang anda inginkan   akan kami berikan kepada anda.

Shodaqoh anda adalah ibadah anda.
Hasilnya akan kami Sumbangkan !!!
Untuk Perjuangan dakwah Islamiyah

Problematika Umat Islam Indonesia klik disini
Penyaluran Zakat, Infaq dan Shodaqoh  Klik disini 
Share on Google Plus

Pesan AL-HIKMAH NUR IMANI

“Orang yang paling pintar adalah orang yang berbuat baik, tetapi takut akan adzab Allah. Yang paling bodoh ialah yang berbuat kejahatan (kesalahan), tetapi mereka (merasa) aman dari adzab Allah, dan yang paling kaya dari mereka adalah orang yang paling qana’ah (selalu merasa cukup dengan pemberian Allah, baik sedikit maupun banyak)." Sedangkan orang yang paling perkasa adalah orang yang (paling) takwa.