Ketika Jatuh Terpuruk


Dengan Ridhonya - Kepastian itu adalah milik Allah Swt. Ketidakpastian dalam hidup dipelihara agar kita sebagai manusia senantiasa tetap berusaha semaksimal mungkin dan tetap berdoa untuk memohon petunjuk dan bantuanNya.

Beberapa masalah, malapetaka atau hal-hal lain di luar harapan kerap terjadi tanpa bisa dicegah. Di saat itulah, kita langsung remuk. Terkulai tak berdaya, seakan-akan tak ingin lagi ada di tengah-tengah kenyataan. Namun sayangnya, kita akan selalu berada di lingkar kenyataan.
Kita mesti… bangun, bangkit dan melanjutkan hidup. Sebab, sekalipun kita bertahan untuk terus menangis, terus merasa depresi atau terus menyalahkan… semuanya akan tetap sama.
Hidup selalu berpasangan, ada siang ada malam, kadang senang kadang susah. Tidak semua ikut senang ketika kita bahagia, tidak juga semua ikut sedih ketika kita susah. Ambil positifnya, ambil hikmahnya, jadikan semua Motivasai, jurus tandur (maju terus pantang mundur) meraih yang diharapkan. Sikap kita ketika menghadapi masalah, sikap kita dalam menentukan langkah disaat sulit, disaat terpuruk sangat menentukan keberhasilan selanjutnya, tidak semua orang bisa bergerak bebas dan masih memiliki fisik yang sehat, 

Berdoa memohon pertolongan dari Allah Teruslah berdoa hingga keinginan Anda terkabul, karena kadang doa Anda tidak langsung dikabulkan atau bisa jadi Anda belum benar-benar serius dalam berdoa.

Berusahalah jika ada ide gagasan cepat lakukan lah, segeralah sambut jangan sampai menunggu bintang jatuh dari langit,jangan terjebak dengan perangkap syaitan laknatullah, dengan ranjau yang dipasangnya seperti : malas untuk melangkah, tidak percaya diri, malu dsb senergi kan antara Doa dan Usaha serta Tawakal secara Total
Hidup adalah belajar, jadi saat berbuat kesalahan daripada menyesalinya, lebih baik Anda belajar dari pengalaman. Hal terpenting adalah, dalam kondisi apa pun, selalu lakukan yang terbaik yang Anda bisa. Seberat apa pun masalah Anda, janganlah berlari dari masalah atau menunda-nunda penyelesaiannya. Hal itu tidak akan menyelesaikan masalah, hanya akan memperburuknya. 

       Dalam hidup, Anda harus berani untuk menghadapi masalah dan mencari solusinya.walaupun banyak halangan yang akan dihadapi, terlebih lagi dari sesuatu yang pernah membuat Anda terpuruk. Ketika sedang terpuruk, sangat sulit menerima kenyataan yang ada karena keputusasaan telah mempengaruhi pola pikir dan perasaan Anda. Cobalah praktekkan ilmu ikhlas. Dengan menerima apa adanya situasi yang sedang dialami, Anda mungkin akan segera menemukan solusi permasalahan. Karena dengan ikhlas dapat menjernihkan pikiran dan hati untuk konsentrasi dengan target keberhasilan Anda di masa depan


فَإِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا
"Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan" (Alam Nasyroh: 5)

Saat anda merasa kurang bersemangat, atau bahkan lebih buruk yaitu saat anda berada dalam situasi sulit, terkadang berat sekali untuk mencoba bangkit dan melihat segala hal dalam sudut pandang positif.

Anda pasti berpikir bahwa alam tidak berpihak kepada anda dan bertanya kenapa semua ini harus berakhir dalam kondisi seperti saat ini. Seolah-olah anda dilahirkan dengan sejuta kesialan dan hal-hal yang tidak menguntungkan sama sekali. Kenapa Tuhan mencobai anda dengan permasalahan pelik yang tengah anda hadapi.

Mengandalkan motivasi eksternal tidak akan menyelesaikan masalah pada akarnya. 

Mencoba berlari dari kenyataan juga tidak akan memperbaiki keadaan. 

Mencoba mengalihkan perhatian dengan melakukan kegiatan yang akan meredakan sakit anda tidak akan menyelesaikan masalah.

Tidak ada jalan lain. Hanya ada satu jalan, yaitu mencoba bangkit dan melangkahkan kaki kembali, langkah demi langkah.

Namun kembali lagi, bagaimana bisa kita sanggup melanjutkan langkah ini, sementara untuk bangkitpun rasanya berat sekali?

Kita semua pernah ada dalam kondisi tersebut. Siapapun itu, pasti pernah dihadapkan pada suatu keadaan atau permasalahan yang rumit. Banyak sekali contohnya. Disakiti pasangan anda, dipecat dari pekerjaan anda, gagal dalam bisnis, bangkrut, hutang pihutang kehilangan orang yang dicintai, ditolak, dihina hingga dilecehkan dan diremehkan. Kita semua pernah di sana. Semua orang..

Jadi jangan merasa aneh dengan apa yang sedang anda alami saat ini, karena apa yang anda sedang alami saat ini, pernah juga dirasakan oleh orang lain. Dan itu merupakan suatu hal yang wajar dan tidak bisa kita hindari yang harus dialami oleh kita sebagai manusia yang normal.

Mungkin anda berpikir karena saking beratnya masalah yang anda hadapi, anda tidak akan pernah bisa menemukan jalan keluarnya. Saya tantang anda bahwa hal itu tidak sama sekali benar, asalkan anda mau mencoba berpikir sejenak dan melakukan hal-hal di bawah ini dengan komitmen besar,

Innalillahiwainnailaihiraajiun..
Apa yang ada di bumi dan akhirat ini adalah hanya milik Alloh Sang Maha Pencipta. Hal baik, buruk dan apapun yang terjadi dan yang kita miliki serta alami adalah ketentuan yang telah ditetapkan oleh Alloh S.W.T.

Kembalikan semua itu melalui jalan dzikir dan tafakur.

Basuh muka anda dalam wudhu, lakukan solat sunat, berdoa dalam keheningan dan kekhususan, serahkan semua kembali hanya kepada Ia Yang Maha Agung.

Tidak ada solusi lain yang lebih elegan dan indah selain dengan menjadi ikhlas dan menerima dengan kebesaran hati bahwa apa yang anda alami adalah sebuah ujian yang datang dari Alloh yang tiada lain tujuannya agar anda diingatkan bahwa anda adalah manusia biasa, agar anda menyadari bahwa ada kekuatan lain yang luar biasa besar yang mengendalikan kehidupan anda.

Sederhanakan pemikiran anda. Fokuskan hanya kepada masalah yang tengah anda hadapi dan kerahkan seluruh energi anda untuk mencari solusi atas permasalahan yang anda hadapi tersebut

Dengan mengajukan pertanyaan ini, anda akan menemukan jawaban terburuk untuk permasalahan yang tengah anda hadapi. 

Anda akan dipaksa untuk mencari jawaban logis bahwa sebenarnya masalah dan kekhawatiran anda disebabkan oleh sudut pandang anda yang sempit atau bahkan keliru. 

Anda akan menemukan bahwa sebenarnya permasalahannya hanyalah masalah sudut pandang anda saja.

Sedari dini anda sudah menyiapkan sebuah kondisi di mana kemungkinan buruk akan terjadi. Jadi ketika memang nanti betul-betul kekhawatiran anda terjadi, anda sudah tidak asing lagi, anda sudah siap untuk menerima dan hidup dengannya

Menulis bisa menjadi sebuah solusi simpel di mana anda menuliskan semua pemecahan masalah yang sedang anda hadapi. Kemudian selanjutnya anda bisa memilih solusi mana yang paling sederhana yang bisa anda lakukan saat ini juga untuk mengatasi masalah tersebut.

Tuliskan semua solusi yang muncul dalam benak anda, lalu pilih mana yang paling simpel yang bisa anda lakukan saat ini juga.

Hampir dapat dipastikan, mereka yang mengetahui dan memiliki alasan kenapa mereka hidup di dunia ini, adalah mereka yang selalu tegar dan kuat dalam menghadapi cobaan apapun.

Apa alasan terbesar anda hidup di dunia ini? Untuk apa anda dilahirkan? 
Apa yang Tuhan ingin anda lakukan dalam kehidupan yang singkat ini? Temukan alasannya.

Dengan mengetahui alasan anda hidup, anda pasti akan mampu kembali berpikir rasional dan kembali ke jalur kehidupan sesuai yang anda inginkan
Sahabatku :
Motivasi, seperti halnya tingkat keimanan, terkadang naik, terkadang turun. Namun, itu adalah fitrah kita sebagai manusia. Seberat apapun masalah yang anda hadapi, saya memiliki keyakinan suatu saat akan sirna,

Waktu akan membantu anda dan saat ini, lakukan apa yang bisa anda lakukan untuk mengangkat kembali diri anda ke jalur yang anda kehendaki.

Seperti halnya bola karet yang dilempar ke lantai, semakin keras ia dilemparkan, semakin tinggi ia akan memantul ke atas. Begitu juga dengan kita, semakin kita jatuh terpuruk, saya berharap setelah itu, anda akan memantul tinggi, setinggi mungkin, melebihi apa yang anda bayangkan sebelumnya,
Ada titik sabar, ada titik jenuh, ada titik bosan, ada titik bertahan. Sometimes, anda pasti bakal ngerasain itu semua ko. Sabar itu salah satu kunci keberhasilan. Kalo maunya buru buru terus ya jangan kaget kalo ketemu sama kegagalan Penantian orang yang sabar itu hasilnya tidak akan sia-sia. 
Sabar itu mahal, sabar itu ada batasnya, sabar itu capek, tidak semua orang mampu sabar. Hargain orang yang sabar, Selalu ikhlas, sabar dan berdoa Insya Allah semuanya akan baik-baik aja. Karena kita mesti Yakin Bahwa Allah Swt maha adil


Islam melarang kesedihan yang tanpa alasan dan berkepanjangan, karena itu akan menambah kehancuran dan kebekuan hati

Syukur merupakan kualitas hati yang terpenting. Dengan bersyukur kita akan diliputi rasa damai, tentram, dan bahagia.

Amin Ya Robbal Alamin


Info layanan kami :
     Di Doakan Secara Khusus   Klik Disini »  ·  Terapi Air  Hikmah   Klik Disini »     ·  Pengizajahan Ilmu Hikmah   Klik  Disini »   ·   Tasbih Laduni    Klik Disini » ·  Ilmu Rajah / Wifik   Klik  Disini »  · Milikilah Ilmu Hikmah Mencapai Hidup Berkah dan Barokah   Klik Disini »   ·   Anda ingin Menjadi Santri Online  Al-Hikmah Nur Imani   Klik Disini »   ·   Berkunjung ke Al-Hikmah Nur Imani  Untuk Konsultasi Langsung.  Klik Disini »
Share on Google Plus

Pesan AL-HIKMAH NUR IMANI

“Orang yang paling pintar adalah orang yang berbuat baik, tetapi takut akan adzab Allah. Yang paling bodoh ialah yang berbuat kejahatan (kesalahan), tetapi mereka (merasa) aman dari adzab Allah, dan yang paling kaya dari mereka adalah orang yang paling qana’ah (selalu merasa cukup dengan pemberian Allah, baik sedikit maupun banyak)." Sedangkan orang yang paling perkasa adalah orang yang (paling) takwa.