Doa Nabi Saw yang dinamai Saiyidil istigfar

Dengan Ridhonya - Di zaman yang serba tidak menentu ini ada baiknya kita menjadikan istighfar sebagai salah satu amalan kita, untuk lebih membuat kita semangat melakukannya

Allah berfirman,
”Maka aku katakan kepada mereka:”Mohonlah ampun (istighfar) kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun, niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, dan memperbanyakkan harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula didalamnya) untukmu sungai-sungai.” (QS.Nuh: 10-12).

Istighfar adalah tindakan memohon ampun kepada ALLAH SWT atas segala dosa dosa kita. bacaan istighfar yang biasa diucapkan adalah "astaghfirullahaladzim".

bacaan istighfar tersebut adalah yang paling mudah dan kami yakin semua umat muslim sudah hafal dan menjadikannya bacaan sehari hari.

Saat kita sebagai hamba berbuat kesalahan, maka bacaan "astaghfirullah" harus keluar dari bibir kita diikuti dengan tindakan untuk tidak mengulangi perbuatan dosa tersebut.
Bacaan istighfar sendiri sangat banyak dan bermacam macam pula, ada yang pendek dan ada pula yang cukup panjang. semuanya baik dan memiliki manfaat yang besar tanpa terkecuali. namun ada beberapa istighfar khusus yang mempunyai fadhilah dan keutamaan sangat besar diantaranya adalah sayyidul istighfar.

Sayyidul istighfar adalah salah satu bacaan istighfar paling utama yang bisa kita amalkan setiap harinya. manfaat memaca sayyidul istighfar sangat besar, simak berikut ini. Manfaat dan Keutamaan Sayyidul Istighfar

 من قالها موقناً بها حين يمسي، فمات من ليلته دخل الجنة، وكذلك إذا أصبح. أخرجه البخاري، ٧/ ١٥٠، برقم ٦٣٠٦.

“Siapa yang baca dalam keadaan yakin, ketika masuk sore, kemudian dia wafat di malam harinya, maka dia masuk surga. Dan demikian pula saat masuk pagi.” baca juga : bacaan yasin fadilah Barangsiapa mengucapkannya disiang hari dalam keadaan yakin dengannya kemudian dia mati pada hari itu sebelum sore hari, maka dia termasuk penduduk surga dan siapa yang mengucapkannya di waktu malam hari dalam keadaan dia yakin dengannya, kemudian dia mati sebelum shubuh maka ia termasuk penduduk surga.” (HR. Al-Bukhari – Fathul Baari 11/97)

Melihat pentingnya sayyidul istighfar ini, maka muslim fiqih akan share artikel tentang Bacaan doa Sayyidul Istighfar dalam teks/tulisan Arab dan Latin lengkap beserta terjemahan/arti bahasa indonesianya. . .

Bacaan Sayyidul Istighfar :

اللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّيْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ، خَلَقْتَنِيْ وَأَنَا عَبْدُكَ، وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ، أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ، أَبُوْءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ، وَأَبُوْءُ بِذَنْبِيْ فَاغْفِرْ لِيْ فَإِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلاَّ أَنْتَ

"Allahumma anta robbii laa ilaaha illaa anta, kholaqtanii wa anaa ‘abduka wa anaa ‘alaa ‘ahdika wa wa’dika mastatho’tu. A’udzu bika min syarri maa shona’tu, abuu-u laka bini’matika ‘alayya, wa abuu-u bi dzanbii, faghfirlii fainnahuu laa yaghfirudz dzunuuba illa anta"

Artinya :

 “Ya Allah, Engkaulah Tuhanku. Tidak ada Tuhan selain Engkau. Engkau sudah menciptakanku, dan aku adalah hamba-Mu. Aku akan berusaha selalu ta’at kepada-Mu, sekuat tenagaku Yaa Allah. Aku berlindung kepada-Mu, dari keburukan yg kuperbuat. Kuakui segala nikmat yang Engkau berikan padaku, dan kuakui pula keburukan-keburukan dan dosa-dosaku. Maka ampunilah aku ya Allah. Sesungguhnya tidak ada yg bisa mengampuni dosa kecuali Engkau.” Sekian tentang lafadz sayyidul istighfar, alangkah indahnya jika kita senantiasa memohon ampun atas kesalahan dan dosa kita kepada ALLAH SWT dengan memanjatkan istighfar khususnya dengan membaca sayyidul istighfar. wallahu a'lam.

Info : Untuk Menambah wawasan anda Mengenai 
kerejekian Coba Miliki 
ebook Ilmu Hikmah kerejekian 





Untuk Informasi lebih lengkap
 Klik Disini »







Info layanan kami :
     Di Doakan Secara Khusus   Klik Disini »  ·  Terapi Air  Hikmah   Klik Disini »     ·  Pengizajahan Ilmu Hikmah   Klik  Disini »   ·   Tasbih Laduni    Klik Disini » ·  Ilmu Rajah / Wifik   Klik  Disini »  · Milikilah Ilmu Hikmah Mencapai Hidup Berkah dan Barokah   Klik Disini »   ·   Anda ingin Menjadi Santri Online  Al-Hikmah Nur Imani   Klik Disini »   ·   Berkunjung ke Al-Hikmah Nur Imani  Untuk Konsultasi Langsung.  Klik Disini »
Share on Google Plus

Pesan AL-HIKMAH NUR IMANI

“Orang yang paling pintar adalah orang yang berbuat baik, tetapi takut akan adzab Allah. Yang paling bodoh ialah yang berbuat kejahatan (kesalahan), tetapi mereka (merasa) aman dari adzab Allah, dan yang paling kaya dari mereka adalah orang yang paling qana’ah (selalu merasa cukup dengan pemberian Allah, baik sedikit maupun banyak)." Sedangkan orang yang paling perkasa adalah orang yang (paling) takwa.