Terlepas dari jeratan hutang



Dengan Ridhonya - Setiap orang pasti pernah berhutang. Apapun alasannya, Sungguh tidak mengenakkan memiliki banyak hutang. Melepaskan diri dari jeratan hutang apalagi yang sudah kronis tentu membutuhkan strategi khusus. Agar kita benar-benar terlepas dari jeratan hutang, maka kita perlu melakukan tindakan nyata.

Jika anda salah satu dari sekian banyak orang yang terlilit hutang. Jangan sampai anda ikut menggunakan cara yang salah dalam melunasi hutang seperti cara cepat melunasi hutang  yang dilakukan oleh bayak orang dan berujung pada penipuan.  Kenapa? karena seperti yang dikatakan oleh banyak orang bahwa ada uang instan, uang gaib, dan lain sebagainya. Bila dilogika seharusnya itu tidak mungkin, karena makhluk penghuni alam gaib saja tidak membutuhkan uang. Maka dari itu gunakanlah cara cara melunai hutang yang wajar. Segala sesuatu kan memang membutuhkan proses, jadi memang harus butuh kesabaran,usaha lahir serta usaha batin.

Dalam Islam, ada cara-cara yang dapat ditempuh agar kita bisa segera terlepas dari hutang yang berkepanjangan. Bagaimana caranya?
Sadarilah Hutang Anda
Saat berhutang, sadarlah bahwa hutang tersebut harus segera Anda bayar sebelum ajal menjemput. Tentu hidup tidak aka tenang jika kita memiliki banyak hutang. Semakin Anda menyadari hutang Anda, Anda akan terpacu untuk segera melunasinya. Buatlah daftar hutang yang Anda miliki agar Anda bisa merencanakan untuk pelunasannya.Jangan malah pura-pura tidak tahu akan hutang Anda.
Berdoalah Kepada Allah Swt
Manusia memiliki banyak sekali keinginan yang bermacam - macam dan pastinya dari bermacam - macam keinginan yang dimiliki oleh umat manusia tersebut tidak bisa terpenuhi semua atau susah untuk di penuhi karena yang dapat memenuhi atau mewujudkan semua keinginan manusia baik yang bersifat sudah atau mudah hanyalah Allah Swt,  Tuhan yg Maha Besar dan Maha Pemurah lagi Maha Kuasa.
Sehingga sudah selayaknya jika kita sebagai seorang Muslim harus selalu berdoa atau meminta kepada Allah Swt dan Selalu taat kepada perintah – perintah Nya sehingga semua permintaan serta doa kita dapat diwujudkan dan dikabulkan oleh Allah Swt. Adapun selain berusaha / berikhtiar degan kerja keras untuk memujudkan keinginan kita
Berdoalah dengan sungguh-sungguh. Nyatakan niat Anda untuk melunasi hutang panjatkan doa kepada Allah Swt. Degan tatacara berdoa yang baik dan benar
Cara berdoa Klik disini
Tetap Bersedekah
Sedekah dapat melancarkan proses Anda untuk melunasi hutang, karena setiap harta yang Anda sedekahkan akan dibalas oleh Allah SWT dengan balasan yang lebih baik. Apalagi jika Anda sedang dalam keadaan sempit, Anda akan lebih berat mengeluarkan sedekah. Jika tidak bisa bersedekah uang, sedekahlah dengan perbuatan baik lainya dengan tenaga dan ilmu yang Anda miliki.
Jangan Bersedih
Banyak hutang bikin hati sumpek. Otak jadi susah diajak berpikir. Hidup Anda akan semakin menderita jika anda bersedih akan hutang Anda.  Lebih baik, gunakan waktu Anda untuk bersemangat mencari cara agar bisa melunasi hutang-hutang Anda.
Fokus Pada Solusi
Seperti masalah-masalah lainnya, hutang brpotensi membuat kita berfokus pada masalah. Ubahlah cara berpikir Anda dari memikirkan masalah menjadi memikirkan solusi. Pikiran yang positif akan membuat pikiran Anda semakin jernih dalam menemukan cara kreatif untuk melunasi hutang.
Yakin Bisa Melunasi Hutang
Tetapkan keyakinan Anda untuk terlepas dari hutang. Sekecil atau sebesar apapun hutang Anda,  keyakinan Anda harus 100%.  Jika Anda tidak yakin, maka Allah Swt tidak akan memberikan solusi kepada Anda untuk melunasi hutang.
Usaha Maksimal
Iringilah doa-doa Anda dengan usaha maksimal. Bekerjalah lebih keras agar anda bisa mencicil hutang Anda sedikit demi sedikit. Carilah sumber pendapatan tambahan seperti menjalankan usaha sampingan. Jangan berfikir untuk cari pinjaman lagi untuk membayar hutang, hadapi semua penagih hutang dengan berkata jujur belum ada dan terangkan kodisi anda apa adanya jangan takut dengan gertakan gertakan penagih hutang hadapi semuanya dengan keberanian dan ketenangan selalu munculkan itikad baik dan jangan dihindari, pusing suatu hal yang wajar dalam menhadapi masalah ini karena itu pembelajaran bagi diri untuk lebih hati hati kedepan dalam urusan hutang
Jangan Tunda Pembayaran
Saat sudah memiliki uang, segera cicil/lunasi hutang Anda. Semakin cepat semakin baik. Jangan tunda-tunda untuk membayar hutang Anda. Dengan menyegerakan pembayaran, Insya Allah lama-lama hutang Anda akan lunas.

Semoga dengan mempraktekkan cara-cara di atas, Anda segera terbebas dari hutang dan kehidupan Anda akan menjadi semakin membaik. Insya Allah.


Baca Juga :
Di Doakan Secara Khusus Untuk Menyelsaikan Masalah anda KlikDisini 
Tasbih Laduni Klik Disini  
Cara Meraih Kesuksesan dalam Kerejekian   Klik disini  
Ijazah Hizib Para Wali  Klik Disini  
Kumpulan Ilmu Hikmah Gratis  Klik Disini  
Nama nama Ilmu Hikmah  Klik Disini  
20 Manfaat dari Infak dan Sedekah  Klik Disini    

Penyaluran Zakat, Infaq dan Shodaqoh  Klik disini   

Anda yang Mau Bergabung bersama kami dengan yang lainya Menjadi Santriwan Santriwati secara Online di AL-HIKMAH NURIMANI
MERAIH KUNCI SUKSES DUNIA & AKHIRAT
“Barang siapa yang berjalan menuju Allah, Maka Allah akan berlari menuju dia. Siapa yang berlari menuju Allah, maka Allah akan melompat dan memelukNya”
Share on Google Plus

Pesan AL-HIKMAH NUR IMANI

“Orang yang paling pintar adalah orang yang berbuat baik, tetapi takut akan adzab Allah. Yang paling bodoh ialah yang berbuat kejahatan (kesalahan), tetapi mereka (merasa) aman dari adzab Allah, dan yang paling kaya dari mereka adalah orang yang paling qana’ah (selalu merasa cukup dengan pemberian Allah, baik sedikit maupun banyak)." Sedangkan orang yang paling perkasa adalah orang yang (paling) takwa.