Info Terbaru:

20 Manfaat dari Infak dan Sedekah


Dengan Ridhonya. Menurut Istilah Agama Islam infak berarti menafkahkan atau membelanjakan sebagian harta benda yang dimiliki di jalan yang di ridhoi Allah swt.. Sedangkan sedekah adalah  memberikan bantuan atau pertolongan  berupa barang/ harta atau  lainnya tanpa mengharap imbalan dari orang lain dan hanya mengharap Ridla Allah swt.

Baik infak maupun sedekah adalah perbuatan yang mulia yang diperintahkan oleh Allah untuk senantiasa dilaksanakan oleh hamba Allah.
Allah swt berfirman dalam surah Ali ’Imran/3 ayat 92 yang  berbunyi :

لَنْ تَنَالُوا الْبِرَّ حَتَّى تُنْفِقُوْا مِمَّا تُحِبُّوْنَ وَمَا تُنْفِقُوْا مِنْ شَيْئٍ فَاِنَّ اللهَ بِهِ عَلِمٌ (ال عمران : ٩٢
Artinya :
Kamu tidak akan memperoleh kebajikan ( yang sempurna ), sebelum kamu menginfakkan sebagian harta yang kamu cintai. Dan apa saja yang kamu infakkan, maka sesungguhnya Allah Maha Mengetahui. ( Q.S Ali Imran/3 ayat 92):

Dalam hadist Nabi Muhamad saw juga disebutkan :

اِذَامَاتَ ابْنُ اَدَمَ اِنْقَطَعَ عَمَلُهُ اِلاَّمِنْ ثَلاَ ثٍ صَدَقَةٍ جَارِيةٍ اَوْ عِلْمِ يُنْتَفَعُ بِهِ اَوْ وَلَدٍ صَا لِحٍ يَدْ عُوْ لَهُ (رواه مسلم)

Artinya :
Apabila anak Adam ( manusia ) telah meninggal dunia maka terputuslah semua amalnya kecuali tiga perkara, sedekah jariah, ilmu ang bermanfaat dan doa anak yang saleh untuk orang tuanya. ( H.R. Muslim )

Dalam hadis lain juga disebutkan tentang keutamaan memberi daripada menerima atau tangan di atas lebih baik daripada tangan di bawah:

اَلْيَدُ اْلعُلْيَا خَيْرٌ مِنَ اْلَيَدِ السُّفْلىَ (رواه البخارى ومسلم)
Artinya :
Tangan yang di atas  ( pemberi ) lebih baik dari tangan yang di bawah ( yang menerima ) ( H. R. Bukhari dan Muslim )

Manfaatnya :
1. Sedekah adalah pembuka rejeki. Memang benar, anda akan kehilangan uang, tapi disaat bersamaan anda juga sedang mengundang rejeki yang jauh lebih banyak.

2. Banyak orang yang merasa ragu dengan keajaiban sedekah, Tapi jika mereka semua mau bersedekah hari ini juga, maka di esok hari tak ada seorangpun yang ragu akan keajaiban sedekah.

3. Sedekah membuat anda lebih pantas untuk mendapatkan kebaikan yang jauh lebih besar.

4. Sebelum mendapatkan sesuatu yang besar, bersedekahlah dengan sesuatu yang besar. Karena hal itu akan menjamin hal besar tadi bisa anda nikmati untuk waktu yang lama.

5. Orang yang rajin bersedekah adalah perpanjangan tangan dari tuhan yang maha pemberi rezeki. Maka wajarlah jika ia juga memiliki rezeki yang melimpah.

6. Bersedekahlah hari ini, dan bersedekahlah hari esok, dan tetaplah bersedekah di hari-hari selanjutnya. Jika kebiasaan anda seperti ini, rezeki melimpah pasti sangat tergoda untuk mendatangi anda.

7. jika doa orang lemah mudah didengar Tuhan, maka bersedekah kepada mereka membuat anda selalu diperhatikan oleh Tuhan.

8. Jika semua orang bersedekah, maka beberapa rumus-rumus matematika dalam ilmu ekonomi perlu diperbaiki.

9. Keajaiban sedekah bukan teori yang hanya manis dimulut, tapi ia adlaah metode praktis yang sangat manis jika diterapkan.

10. Simpanlah uang anda di Bank, maka ia akan bertambah 5%. Investasikan uang anda di bisnis, ia akan bertambah 100%. Salurkan uang anda melalui sedekah, ia akan bertambah 1000%.

11. Jika anda berani bersedekah dalam jumlah yang besar, sebaiknya anda bersiap-siap mendapatkan rezeki dalam jumlah yang besar.

12. Dari pada mengeluarkan uang untuk menyelesaikan masalah, lebih baik mengeluarkan uang tersebut untuk bersedekah. Sedekah akan menyelesaikan masalah tersebut dengan sendirinya.

13. Sedekah dikatakan ajaib karena uang yang anda sedekahkan selalu kembali melalui jalan yang tak anda sangka-sangka.

14. Jika bumerang selalu kembali begitu anda melemparnya, maka sedekah selalu kembali dengan jumlah lebih besar jika anda melemparkannya.

15. Mereka berkata: dia bersedekah karena banyak uangnya. Padahal ia banyak uangnya karena rajin bersedekah.

16. Keajaiban sedekah itu berlaku bagi siapa saja, baik bagi orang beriman, maupun orang tak berAgama.

17. Orang yang telah merasakan keajaiban sedekah telah berjuta-juta jumlahnya. Jika ia dijadikan sebuah penelitian, maka keajaiban sedekah adalah sesuatu yang tak diragukan lagi keberadaannya.

18. Sedekah adalah investasi paling menguntungkan, sekaligus investasi yang paling mudah dan sederhana dilakukan.

19. Pancinglah reseki dengan sedekah semaksimal mungkin. Kemudian sedekahkan reseki hasil pancingan tadi untuk memancing reseki yang jauh lebih melimpah.

20. Hanya orang layak yang berhak menerima sesuatu yang spesial. Rajin bersedekah membuktikan kalau anda telah menjadi orang-orang yang layak.



Andaikata kita mau mensyukuri nikmat yang salah satunya adalah dengan bersedekah, niscaya akan tercipta hubungan harmonis dalam masyarakat tersebut. Dalam kitab Durratun Nashihin disebutkan bahwa tegaknya dunia itu disebutkan karena empat hal. Pertama, ilmu para ulama. Kedua, keadilan para umara (pemimpin). Ketiga, kedermawanan orang-orang kaya. Keempat, kesabaran orang-orang miskin. Apabila keempat hal ini bisa terealisasi insya Allah akan tercipta keamanan dan ketentraman dalam masyarakat tersebut. Tidak akan terjadi kecemburuan sosial menyebabkan rasa iri dan dengki.

Sebenarnya adanya perasaan iri dan dengki itu disebabkan karena tidak adanya tali ikatan yang kuat. Orang yang miskin tidak akan iri kepada orang kaya apabila orang kaya tersebut mau berbagi suka kepadanya. Kecemburuan sosial tidak pernah muncul jika antara si kaya dan si miskin mau saling mengenal, memahami, dan saling membantu. Dengan demikian nyatalah bahwa sedekah bisa memperkuat tali hubungan dalam masyarakat.


Baca Juga :
Di Doakan Secara Khusus Untuk Menyelsaikan Masalah anda KlikDisini 
Tasbih Laduni Klik Disini  
Cara Meraih Kesuksesan dalam Kerejekian   Klik disini  
Ijazah Hizib Para Wali  Klik Disini  
Kumpulan Ilmu Hikmah Gratis  Klik Disini  
Nama nama Ilmu Hikmah  Klik Disini  
20 Manfaat dari Infak dan Sedekah  Klik Disini   

PERHATIAN: Bagi anda yang mengingikan dan mau mengamalkan Ilmu Ilmu Hikmah ini, yang penting anda mau mengeluarkan Shodaqoh seiklasnya, untuk perjuangan dakwah islamiah bersama Al-Hikmah Nur Iman dan berbagi kepada Fakir Miskin dan Anak Yatim dan Fisabillilah, Ilmu Hikmah yang anda inginkan   akan kami berikan kepada anda.

Shodaqoh anda adalah ibadah anda.
Hasilnya akan kami Sumbangkan !!!

Untuk Perjuangan dakwah Islamiyah
Problematika Umat Islam Indonesia klik disini 

Penyaluran Zakat, Infaq dan Shodaqoh  Klik disini  

Baca Juga