Doa Sapu Jagad

Ya Allah, Kami Percaya..Bersama kesulitan ada kemudahan,dan bersama kesukaran ada kelapangan dariMU,Mohon Kuatkan Kami

Dengan Ridhonya - Doa sapu jagad / jagat merupakan doa yang lebih sering diucapkan oleh Rasulullah SAW, karena doa sapu jagad ini maknanya begitu dahsyat. Ya, meskipun lafadz doanya sangat pendek namun doa sapu jagat begitu penuh makna.
doa sapu jagat juga dikenal dengan doa selamat dunia akhirat. Menurut para ulama doa ini mencakup seluruh permintaan manusia, baik di dunia maupun di akhirat, dan bahkan ada sebuah riwayat yang menyatakan bahwa doa sapu jagad juga merupakan doa untuk mendapatkan wanita sholihah, dan masih banyak lagi kedahsyatan dari doa sapu jagat yang secara lengkap akan kami share pada halaman ini. 

Adapun untuk lafadz doanya dalam bahasa arab, tulisan latin lengkap terjemahannya adalah sebagai berikut :

رَبَّنَا أَتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي اْلأَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

RABBANAA AATINAA FIDDUN YAA HASANAH, WA FIL AAKHIRATI HASANAH, WAQINAA ‘ADZAA BAN NAAR.

 Artinya :
Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan hidup di dunia dan kebaikan hidup di akhirat, dan jagalah kami dari siksa api neraka.

Seperti yang sudah kami sampaikan diatas, bahwa doa sapu jagat merupakan doa yang pendek namun penuh makna. Dan ternyata Rasulullah SAW sangat menyukai doa-doa yang singkat tetapi sangat bermakna, sehingga wajar saja jika doa sapu jagad adalah doa yang lebih sering diucapkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, beliau berkata,

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَسْتَحِبُّ الْجَوَامِعَ مِنْ الدُّعَاءِ وَيَدَعُ مَا سِوَى ذَلِكَ

Artinya :
“Rasulullah SAW menyukai doa-doa yang singkat padat, dan meninggalkan selain itu.” (HR. Abu Daud no. 1482, dikatakan shahih oleh Syaikh Al Albani)

Dari Anas bin Malik, beliau mengatakan,

كَانَ أكثرُ دعاءِ النبيّ – صلى الله عليه وسلم – : (( اللَّهُمَّ آتِنَا في الدُّنْيَا حَسَنَةً ، وَفِي الآخِرَةِ حَسَنَةً ، وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ )) متفقٌ عَلَيْهِ

 Artinya :
“Doa yang lebih sering diucapkan Rasulullah shallAllahu wa’alaihi wa sallam adalah Allahumma aatina fid dunyaa hasanah, wa fil akhiroti hasanah, wa qinaa ‘adzaban naar (Ya Allah, berikanlah kepada Kami kebaikan di dunia, berikan pula kebaikan di akhirat dan lindungilah Kami dari adzab Neraka).” (HR. Bukhari no. 4522 dan Muslim no. 2690)

Diantara doa yang singkat, pendek dan penuh makna yaitu Doa Sapu Jagad. Maka dari itu, marilah kita sering-sering mengucapkan doa sapu jagad ini setiap waktu dan/atau minimal setelah selesai sholat fardhu.

Semoga Bermanfaat


Info : Untuk Menambah wawasan anda Mengenai 
kerejekian Coba Miliki 
ebook Ilmu Hikmah kerejekian 





Untuk Informasi lebih lengkap
 Klik Disini »






Info layanan kami :
     Di Doakan Secara Khusus   Klik Disini »  ·  Terapi Air  Hikmah   Klik Disini »     ·  Pengizajahan Ilmu Hikmah   Klik  Disini »   ·   Tasbih Laduni    Klik Disini » ·  Ilmu Rajah / Wifik   Klik  Disini »  · Milikilah Ilmu Hikmah Mencapai Hidup Berkah dan Barokah   Klik Disini »   ·   Anda ingin Menjadi Santri Online  Al-Hikmah Nur Imani   Klik Disini »   ·   Berkunjung ke Al-Hikmah Nur Imani  Untuk Konsultasi Langsung.  Klik Disini »
Share on Google Plus

Pesan AL-HIKMAH NUR IMANI

“Orang yang paling pintar adalah orang yang berbuat baik, tetapi takut akan adzab Allah. Yang paling bodoh ialah yang berbuat kejahatan (kesalahan), tetapi mereka (merasa) aman dari adzab Allah, dan yang paling kaya dari mereka adalah orang yang paling qana’ah (selalu merasa cukup dengan pemberian Allah, baik sedikit maupun banyak)." Sedangkan orang yang paling perkasa adalah orang yang (paling) takwa.