Jangan Pernah Putus Asa


Dengan Ridhonya - Adalah wajar jika anda bersedih karena kegagalan, namun ingat jangan pernah kesedihan itu membuat anda berputus asa, Hadapi saja masalah apapun yg harus anda hadapi, karena hanya dengan cara itu hidupmu bisa berjalan menuju arah kedewasaan.
Keberhasilan bukan berarti kita tidak pernah gagal, namun bangkit lagi setiap kali jatuh. Dan Jangan awali hari dengan penyesalan hari kemarin, karena akan menggangu hebatnya hari ini, dan akan merusak indahnya hari esok.

Tidak ada jalan pintas menuju kesuksesan. Kesuksesan akan datang pada mereka yang berusaha mendapatkannya bukan pada mereka yang hanya mengharapkannya. Manakala manusia sukses dengan jabatan, karir, usaha, dan lain-lain, mereka senang, mereka sombong, lalai dan lupa kepada hakikat yang memberikan kesuksesan itu, yaitu Allah SWT. Namun sebaliknya, ketika ditimpa kesulitan, kesusahan, mereka berputus asa. Dalam surat Al-Isra: 83 Allah SWT berfirman:

"Dan apabila Kami berikan kesenangan kepada manusia niscaya berpalinglah dia, dan membelakang dengan sikap yang sombong; dan apabila dia ditimpa kesusahan niscaya dia berputus asa".

 Juga firman-Nya dalam surat Fushilat: 49:
 "Manusia tidak jemu memohon kebaikan, dan jika mereka ditimpa malapetaka dia menjadi putus asa lagi putus harapan".

 Jangan pernah putus asa karena yang mudah putus asa tidak pernah sukses dan orang sukses tidak pernah putus asa. Allah SWT berfirman:

"Jangan kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya tiada berputus asa dari rahmat Allah, melainkan kaum yang kafir" (Yusuf: 87).

 Bahkan dalam surat Al-Hijr: 55, mempertegas dengan:

 "Maka janganlah kamu termasuk orang-orang yang berputus asa".

Orang yang berputus asa termasuk orang-orang yang sesat. Dalam surat Al-Hijr: 56 dinyatakan:"Ibrahim berkata:

"Tidak ada orang yang berputus asa dari rahmat Tuhannya, kecuali orang-orang yang sesat".
Putus asa adalah salah satu perkakas "Iblis". Diceritakan, pada suatu saat iblis mengiklankan bahwa ia akan mengobral perkakas-perkakas kerjanya. Pada hari H, seluruh perkakasnya dipajang untuk dilihat calon pembelinya, lengkap dengan harga jualnya. Seperti kalau kita masuk ke dalam toko hardware, barang yang dijual sungguh menarik, dan semua barang kelihatan sangat berguna sesuai dengan fungsinya. Harganya pun tidak mahal. Barang yang dijual antara lain: Dengki, Iri, Tidak Jujur, Tidak Menghargai Orang lain, Tidak Tau Berterima Kasih, Malas, Dendam, dan lain-lainnya. Di suatu pojok display, ada satu perkakas yang bentuknya sederhana, sudah agak aus, tetapi harganya sangat tinggi, bahkan jauh lebih tinggi dibandingkan dengan yang lain. Salah satu calon pembeli bertanya,"Ini alat apa namanya?", Iblis menjawab: "Itu namanya putus asa". "Kenapa harganya mahal sekali, padahal sudah aus?", tanya pembeli. Iblis menjawab: "Ya, karena perkakas ini sangat mudah dipakai dan berdaya guna tinggi. Saya bisa dengan mudah masuk ke dalam hati manusia, saya dengan sangat mudah melakukan apa saja yang saya inginkan terhadap manusia tersebut. Barang ini menjadi aus karena saya sering menggunakannya kepada hampir semua orang., karena kebanyakan manusia tidak tahu kalau putus asa itu milik saya”.
Hanya dengan melakukan pendekatan kepada Allahlah (berdzikir), hati manusia akan tenang, damai, sejahtera, bahagia, dan jauh dari putus asa. ”Ingatlah, hanya dengan berdzikir kepada Allah hati menjadi tenang” (Ar-Ra’d: 28). Ilahi adalah solusi yang mumpuni.

Hidup di dunia ini memiliki banyak persoalan yang harus dihadapi oleh manusia. Tentu saja, ada banyak solusinya, Sebagai manusia yang terlahir ke dunia dengan banyak kelebihan dibandingkan makhluk Tuhan lainnya, kita harus semangat jalani kehidupan ini dengan semua tantangannya yang harus kita hadapi. Tak perlu lari dari masalah bila kita sedang bermasalah. Untuk apa berlari tapi kita tak bisa bersembunyi? Kita akan semakin kesulitan menyelesaikan satu masalah bila lari darinya. Bukankah kita masih bisa bernafas sekarang? Kita tahu bahwa banyak orang yang sedang mencari cara keluar dari masalah masing-masing. Bahkan, ada dari saudara saudara kita yang  sedang memiliki beban yang cukup brerat. Percaya dan yakinkan diri teman-teman bahwa hidup ini indah dengan adanya masalah-masalah. Allah Swt ciptakan semua itu lengkap dengan solusinya.

Tetapi, kita harus bersemangat hadapi semua itu dengan tidak menganggapnya masalah. Anggap saja ini sebagai tantangan yang harus kita hadapi. Tak perlu takut! Kita pasti bisa hadapi semuanya dengan pikiran yang tenang dan semangat tinggi arungi kehidupan yang lebih baik di masa yang akan datang. Masalah sekecil apapun tak akan pernah terpecahkan bila kita takut menghadapinya. apalagi masalah yang lebih besar dan kolosal, kita harus hadapi; jangan lari! Putus asa itu bukanlah cara yang tepat menghadapi masalah. Jangan menyerah dan bangkitlah kembali bila sedang terjatuh. 


Mari kita melangkah dan kembali berjalan meski harus hadapi onak dan duri. Banyak rintangan yang kita temukan di jalan yang berbatu dan berlubang. Tapi, tetap yakin bahwa kita akan temukan jalan yang mulus. Andai pun kita harus seberangi sungai, merenangi lautan, dan mendaki gunung yang terjal sekalipun tetaplah yakin bahwa semua persoalan pelik yang kita hadapi hari ini akan hilang. Semuanya akan berganti dengan kebahagian yang hakiki. Kita tak perlu mengingat banyak persoalan pahit di masa lalu. Mari kita maafkan mereka meskipun tidak bisa mengubah apa-apa, namun hal ini penting dalam upaya membangun masa depan yang lebih baik seperti yang kita mau. Ingatlah pepatah orang bijak bahwa pelaut ulung tidak pernah dilahirkan dari ombak yang tenang. Tidak pernah! Tetap semangat jalani hidup dengan penuh keyakinan akan berhasil. Tersenyumlah dengan tulus kepada saudara, tetangga, dan rekan-rekan di lingkungan kita. Sikap ramah dengan tutur kata yang sopan kepada lawan bicara adalah satu langkah maju menuju hidup sesuai dengan impian kita semua; meraih sukses di dunia dan akhirat!


Baca Juga :
Di Doakan Secara Khusus Untuk Menyelsaikan Masalah anda KlikDisini 
Tasbih Laduni Klik Disini  
Cara Meraih Kesuksesan dalam Kerejekian   Klik disini  
Ijazah Hizib Para Wali  Klik Disini  
Kumpulan Ilmu Hikmah Gratis  Klik Disini  
Nama nama Ilmu Hikmah  Klik Disini  
20 Manfaat dari Infak dan Sedekah  Klik Disini    

PERHATIAN: Bagi anda yang mengingikan dan mau mengamalkan Ilmu Ilmu Hikmah ini, yang penting anda mau mengeluarkan Shodaqoh seiklasnya, untuk perjuangan dakwah islamiah bersama Al-Hikmah Nur Iman dan berbagi kepada Fakir Miskin dan Anak Yatim dan Fisabillilah, Ilmu Hikmah yang anda inginkan   akan kami berikan kepada anda.

Shodaqoh anda adalah ibadah anda.
Hasilnya akan kami Sumbangkan !!!
Untuk Perjuangan dakwah Islamiyah
Problematika Umat Islam Indonesia klik disini


Penyaluran Zakat, Infaq dan Shodaqoh  Klik disini   

Anda yang Mau Bergabung bersama kami dengan yang lainya Menjadi Santriwan Santriwati secara Online di AL-HIKMAH NURIMANI
MERAIH KUNCI SUKSES DUNIA & AKHIRAT
“Barang siapa yang berjalan menuju Allah, Maka Allah akan berlari menuju dia. Siapa yang berlari menuju Allah, maka Allah akan melompat dan memelukNya”